Dalam lawatannya ke Sumatra Barat untuk menerima gelar Doktor Honoris Causa dari UNP, mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla bersama istri, menyempatkan diri berkunjung ke Kota Bukittinggi. Kedatangan tokoh penting negara itu, disambut Walikota Bukittinggi, Dandim 0304/Agam bersama unsur Forkopimda serta Kepala SKPD se Kota Bukittinggi, di Istana Bung Hatta, Kamis (05/12) malam. Setelah pertemuan ramah tamah di Istana Bung Hatta, Jusuf Kalla langsung meninjau pelaksanaan pembangunan Pasa Ateh yang terbakar 30 Oktober 2017 lalu. Mantan Wapres memuji desain Pasa Ateh yang dibangun dengan konsep green building. Pembangunan kembali Pasa Ateh, juga dilaksanakan atas dukungan dari Jusuf Kalla yang saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden RI dan satu hari setelah kebakaran pun, Jusuf Kalla langsung turun ke lokasi kejadian untuk selanjutnya meminta kementrian terkait menyusun perencanaan pembangunan kembali Pasa Ateh.

Bertempat di Kantor Wali Nagari Siguhung Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, Babinsa Lubuk Basung Serka Yuflickhal menghadiri undangan dalam rangka pembentukan Karang taruna Nagari Siguhung, Jum'at (6/12/2019). Kegiatan tersebut juga di hadiri oleh, Wali Nagari Lubuk Badung, Babinkamtibmas, Bamus Nagari, Tokoh masyarakat, Tokoh pemuda, Tokoh Adat H.Wali jorong B. Ahad Dari hasil rapat pembentukan Karang Taruna tersebut, terpilih pengurus inti dengan Ketua Afrizal, Wakil ketua Khairul huda, Sekretaris M.Taupik, dan Wakil Sekretaris Wanita yerni, Bendahara Dahnella.

Para Babinsa jajaran Kodim 0304/Agam bersama masyarakat didaerah binaannya melaksanakan kegiatan pembuatan “Kentongan Bambu”, yang nantinya akan digunakan dalam kegiatan patroli dan ronda malam bersama aparatur kewilayahan dan masyarakat setempat. Hal tersebut merupakan bentuk kepedulian Para Babinsa jajaran Kodim 0304/Agam terhadap keamanan dan ketertiban lingkungan agar terciptanya situasi yang kondusif sehingga berdampak pada kehidupan masyarakat yang lebih terjamin ketertiban, ketentraman dan keamanannya. Patroli dan ronda malam juga berfungsi mempererat tali silatuirahmi antara aparatur kewilayahan dan sesama warga yang ada di daerah tersebut, sehingga lebih meningkatkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan.

Komandan Kodim 0304/Agam Letkol Inf Victor Andhika Tjokro S.I.P. berempati terhadap anggota yang sakit, yakni membesuk anggota Koramil 08/Biaro Kodim 0304/Agam Serma Afrizal yang sedang di rawat di RSPUD, Kota Bukittinggi, Rabu (03/12/2019). Dandim mengatakan, kegiatan membesuk Serma Afrizal anggota Koramil 08/Biaro Kodim 0304/Agam Korem 032/Wbr tersebut dalam rangka empati terhadap anggota yang mengalami sakit. Hal tersebut untuk memberikan semangat agar, cepat sembuh dari sakitnya. “Kami Keluarga Besar Kodim 0304/Agam mendo’akan agar, Serma Afrizal segera di angkat dari segala penyakitnya, cepat sembuh dan dapat beraktivitas kembali di Koramil seperti semula,” katanya. Lebih lanjut Dandim menambahkan, semoa anggota Koramil jajaran Kodim 0304/Agam sendiri bukan sekedar organisasi kesatuan tapi bagian dari keluarga sendiri, anggota merupakan bagian dari keluarga besar Kodim 0304/Agam.

Pada hari Selasa, tanggal (02/12/2019) bertempat di gedung serbaguna Aula Kantor Camat Baso Kecamatan Baso Kabupaten Agam-Sumatera Barat, Babinsa Baso Serka Hendrizal Mewakili Danramil 06/Baso mengahdiri Undangan *Pembukaan praktik program profesi Ners stase Keperawatan Komunitas dan Keperawatan Keluarga tahap profesi Ners program studi S1 keperawatan Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Universitas Perintis tahun akademik 2018-2019. Turur hadir dalam kegiatan tersebut Bapak Camat Baso, Kepala Puskesmas Baso, Wali Nagari Salo, Wali Nagari Koto Baru, Para Dosen/Staf pengajar Kampus/universitas Perintis dan Mahasiswa/Mahasiswi Universitas Perintis.

Guna mempererat tali silaturahmi dan kerja sama yang baik, Babinsa Tiku anggota Koramil 04/Tiku Kodim 0304/Agam Kopda Marwandi melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat di Nagari Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam-Sumatera Barat, Selasa (03/12/19). Demi menjaga hubungan yang harmonis antara Babinsa dengan masyarakat binaannya, Kopda Marwandi secara rutin mendatangi dan berkomunikasi dengan tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan elemen masyarakat lainnya.

Bertempat di Lapangan Balai Kota Gulai Bancah Kota Bukittinggi, Senin (02/12/2019) telah dilaksanakan Upacara memperingati HUT KORPRI ke 48 tahun 2019, yang dihadiri oleh Komandan Kodim 0304/Agam Letkol Inf Victor Andhika Tjokro S.I.P. unsur Forkopimda Kota Bukittinggi, dengan bertindak sebagai Inspektur Upacara Walikota Bukittinggi Bapak Ramlan Nurmantias dan Komandan Upacara Lettu Inf Amrizal (Dan unit Intel Dim 0304/Agam). Dalam kesempatannya Irup menyampaikan amanat Presiden RI Joko Widodo yang dalam amanatnya mengatakan, “Salam dan apresiasi kepada anggota Korpri yang bertugas di luar negeri, di perbatasan, di daerah pelosok dalam menjalankan tugasnya untuk membuktikan bahwa negara hadir dimana saja demi pengabdian kepada Negara”.

Babinsa Koramil 09/IV Koto Kodim 0304/Agam bersama warga masyarakat ikut melaksanakan gotong royong pembersihan jalan kampung yang tertimbun material longsor di Nagari Sungai Landia Kecamatan Malalak Kabupaten Agam, Senin (02/11/2019). "Ini merupakan salah satu aplikasi dari tugas dan tanggung jawab Babinsa, yang sekaligus merupakan cara pendekatan dengan melakukan komunikasi sosial kepada warga binaannya," ujar Sertu Ery Azis di sela-sela kegiatan.

Babinsa Kayu Kubu Serda Hendri Dunan anggota Koramil 01/Bukittinggi Kodim 0304/Agam bersama masyarakat setempat melaksanakan kegiatan kerja bakti pembersihan di kanan-kiri jalan desa sepanjang kurang lebih 150 meter. Lokasi kegiatan tersebut berada di wilayah Binaan Koramil 01/Bukittinggi tepatnya Kelurahan Kayu Kubu Kota Bukittinggi-Sumatera Barat. Danramil 01/Bukittinggi Kapten Inf Rafiola mengatakan, pihaknya sengaja untuk mengerahkan Babinsa Koramil 01/Bukittinggi. Babinsa mengajak dan membantu masyarakat melaksanakan kegiatan karya bakti bersama dengan warga, sebagaimana yang telah dilaksanakan di Kelurahan Kayu Kubu dalam rangka membersihkan jalan desa.

Kegiatan pendampingan Kelompok Tani yang dilaksanakan oleh Babinsa Kodim 0304/Agam merupakan kegiatan rutinitas yang biasa dilakukan pada saat tanam ataupun pada masa panen. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koto Selayan Sertu Safinur anggota Koramil 01/Bukittinggi Kodim 0304/Agam yang melaksanakan pendampingan Panen Padi bersama Kelompok Tani Buah Lada bertempat di Kelurahan Koto Selayan Kecamatan Mandiangin Kota Bukittinggi – Sumatera Barat. Kamis (28/11/2019). Babinsa Serda Safinur mengatakan, kegiatan pendampingan pertanian oleh Babinsa di Wilayah binaan merupakan bagian tugas pokok Babinsa dalam melaksanakan tugas pembinaan di wilayah Desa binaannya, guna meningkatkan program swasembada pangan Babinsa ikut bergabung dengan kelompok tani dalam pendampingan pertanian. Seperti wilayah teritorial binaan saya sekarang sudah mulai memasuki masa panen Padi, Kami bersama petani melaksanakan panen padi jenis Randang Putih ini secara bersama-sama," ungkap Serda Safinur.

Terkait dengan pelaksanaan penyegelan 66 Kios Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi, Personel Kodim 0304/Agam sebagai aparatur kewilayahan membantu Pemerintah Kota Bukittinggi melaksanakan pengamanan bagi para pedagang Pasar Aur Kuning yang tidak melakukan kewajibannya untuk membayar retribusi (pajak). Selasa (26/11/2019). Kegiatan pengamanan dalam rangka penyegelan kios Pasar Aur Kuning diikuti oleh, Dandim 0304/Agam diwakilkan oleh Pasi Intel Kodim 0304/Agam Bapak Kapten Inf Darius Bangun, Kapolres Bukittinggi diwakilkan oleh Wakapolres Bapak Kompol Sumintak, Kepala Pengadilan Negeri diwakilkan oleh Bapak Imade S.H M.H. Kasatpol PP Bapak Safnir. Kabag Ops Polres Bapak Kompol Partahian Pane S. Sos. Kepala Kesbangpol Bapak Drs. Hardiasrol M.E. Si. Kapolsek Kota Bukittinggi Bapak Akp Dedi. Dansup POM Bukittinggi 1/4-3 Kapten Cpm Yulfrinel dan Tim gabungan yang terdiri dari Personel Kodim 0304/Agam, personel Polres Bukittinggi, Pol PP Bukittinggi, SK4 Kota Bukittinggi, Dishub Kota Bukittinggi, dan Security Pasar Aur Kuning.

Koptu Dedi Babinsa Manggopoh Koramil 03/ Lubuk Basung Kodim 0304/Agam melaksanakan kegiatan penebaran bibit ikan Garing sebanyak 5.000 ekor di Sungai Larangan Batang Piarau Jorong Sago Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam – Sumatera. Bibit ikan Garing tersebut merupak bantuan dari dinas perikanan provinsi Sumatera Barat dengan tujuan meningkatkan kesejahtraan masyarakat setempat serta mampu menjaga ekositem yang ada dan yang terpenting dapat menjaga kearifan lokal khusunya Nagari manggopoh. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Babinsa Manggopoh Koptu Dedi, Dinas perikanan provinsi ibuk Ani rice, Dinas perikanan Kabupaten Agam, Pjs. Wali Nagari Mangopoh Bapak M. Reno Pati, Wali Jorong Sago, Pemuka masyarakat serta pengurus ikan larangan Batang Piarau. Rabu (27/11/2019).

Taman Kanak-kanak Kartika 1-58 merupakan salah satu Taman Kanak-kanak yang ada di Bukittinggi.Sekolah ini terletak di jalan Urip Sumoharjo Kelurahan Sapiran Kecamatan ABTB Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat. Taman Kanak-kanak merupakan jenjang pendidikan anak usia dini dalam bentuk pendidikan formal. Tk Kartika I-58 didirikan sebagai bentuk perhatian terhadap anak usia dini, walaupun anak usia dini belum masuk wajib belajar untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Latar belakang berdirinya Sekolah Taman Kanak-kanak Kartika 1-58 adalah untuk mewadahi anak-anak prajurit serta anak-anak masyarakat yang berada di sekitar Bukittinggi.Taman kanak-kanak Kartika 1-58 didirikan pada tanggal 05 Oktober 1958 oleh Yayasan Kartika Jaya yang di Ketuai Oleh Ny. Raharjo. Taman Kanak-kanak Kartika 1-58 semula bernama Sekolah Taman Kanak-kanak (S.T.K) Kutilang II. Awalnya S.T.K Kutilang II belum memiliki bangunan sekolah yang tetap. Maka di bangunlah S.T.K Kutilang II oleh Jonif 132 B.S yang di kerjakan pada tanggal 13 November 1969 dan selesai pada tanggal 03 Maret 1970. Sekolah ini diresmikan oleh Brig. Doen Widodo Pangdam III/17 Agustus pada tanggal 07 Maret 1970 pada masa kepemimpinan Danyon Letnan Kolonel Raharjo.

Taman Kanak-kanak Kartika I-57 merupakan salah satu TK yang berada di Bukittinggi .Sekolah ini terletak di jalan Ombilin Kelurahan Sapiran Kecamatan ABTB Kota Bukittinggi,Propinsi Sumatra Barat.Taman Kanak–kanak merupakan jenjang pendidikan anak usia dini dalam bentuk formal.TK Kartika 1-57 didirikan sebagai bentuk perhatian terhadap anak usia dini, walaupun anak usia dini belum masuk wajib belajar untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Latar belakang berdirinya sekolah TK Kartika 1 -57 adalah untuk mewadahi anak–anak prajurit serta anak–anak masyarakat yang berada di sekitar Bukittinggi.Taman kanak–kanak Kartika 1-57 didirikan pada tahun 1958 dibawah naungan Korem 032 pada masa kepemimpinan Ny. Siswanto di kepalai oleh Ibu Asmaniar yang pada tahun 1970 di mutasi kemudian di gantikan oleh Ibu Asni Jafar. Ibu Asni Jafar.

Usai melaksanakan upacara Bendera Senin (25/11/2019), Komandan Kodim 0304/Agam Letkol Inf Victor Andhyka Tjokro, S.I.P. menyerahkan secara simbolis "Rompi operasional Babinsa" bertempat di Halaman Makodim 0304/Agam. Dengan dihadiri personel Kodim 0304/Agam yang terdiri dari Para Danramil, Para Perwira Staf, Bintara, Tamtama dan ASN Kodim 0304/Agam.

Serka Joni Alfian Babinsa Koramil 02/BNH Kodim 0304/Agam menghadiri acara pembukaan MTQ Nasional III Tingkat Nagari Cingkariang Kecamatan Banuhampu di Aula Kantor Nagari Cingkariang Kabupaten Agam-Sumatera. Senin (25/11/2019). Acara tersebut dihadiri, Unsur Muspika, Camat Banuhampu, Kapolsek Cingkaring, Perangkat RT/RW dan masyarakat Banuhampu.

Babinsa Koramil 06/Baso Kodim 0304/Agam Serka Hendrizal menghadiri kegiatan "Wirid pengajian bulanan" yang di gelar oleh kantor camat Baso dan berlokasi di Mesjid Muslimin Nagari Salo Kecamatan Baso Kabupaten Agam-Sumatera Barat, pada hari Jum'at pagi pukul 09.00 Wib. (22/11/19). Turut hadir dalam wirid pengajian bulanan tersebut, Camat Baso, Bhabinkamtibmas Salo, Kepsek tingkat SD, SLTP dan SLTA se Kecamatan Baso, Ninik Mamak, Bundo Kandung se Kec. Baso, Wali Nagari Kec. Baso, Majelis Taklim dan masyarakat Nagari Salo.

Ketua Persit Kartika Candra Kirana (KCK) Cabang LVIII Dim 0304/Agam) Ny. Chrisye beserta anggota Persit lainnya meninjau lokasi sekaligus memberikan bantuan kepada warga korban longsor dan banjir bandang di Galapuang Tanjung Sani Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam-Sumatera Barat. Jum'at (22/11/2019). Dalam kegiatan tersebut, Persit Kartika Candra Kirana (KCK) Cabang LVIII Dim 0304/Agam) memberikan bantuan berupa sembako bagi warga yang terdampak Longsor dan Banjir bandang tersebut, yang diharapkan dapat membantu dan meringankan beban warga yang terkena bencana.

Dandim 0304/Agam Letkol Inf Victor Andhyka Tjokro, S.I.P., Pimpin gotong royong pembersihan material longsor bersama instansi terkait dan mesyarakat Galapuang pacsa terjadinya bencana longsor dan banjir bandang akibat dari intensitas curah hujan yang tinggi pada hari Rabu (20/11/2019) pukul 18. 20 Wib tadi malam, bertempat di Jorong Galapung Nagari Tanjung sani kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam –Sumatera Barat.

Sebagai aparatur kewilayahan sudah sewajibnya seorang Babinsa peduli dan selalu siap terhadap hal-hal yang dapat menimbulkan kerawanan bencana didaerah binaannya, seperti yang dilakukan Serda Hendri Dunan Babinsa Kayu Kubu Kota Bukittinggi bersama degan Bhabinkantibmas, Rt 07 Rw 01 dan Warga setempat pada hari Kamis (21/11/2019) melaksanakan pengecekan daerah rawan longsor di Kelok Cindu Rt 07 Rw 01 dan di jalan Binuang Ngarai Rt 02 Rw 02 Kelurahan Kayu Kubu Kota Bukittinggi. Dengan dilaksanakan kegiatan tersebut dapat kiranya mengantisipasi serta menjadi barometer agar warga sekitar yang melewati jalan tersebut agar lebih berhati hati mengingat intensitas curah hujan yang turun cukup tinggi di seputaran daerah kayu kubu beberapa hari belakangan ini.

Berdasarkan surat Wakil Gubernur Sumbar No 660/1018/TL/DLH/2019 tgl 09 Agustus 2019 dan berdasarkan Surat Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam No 523/132/PT.1/lX/2019 tgl 09 September 2019 tentang permintaan personil untuk mendampingi pendataan pengangkatan keramba jaring apung di Danau Maninjau, pada hari Minggu (17/11/2019) pukul 09.30 wib telah dilaksanakan kegiatan pengangkatan Keramba Jaring Apung (KJA) dan pembersihan Eceng gondok di danau Maninjau Kampung Aweh Jorong Pakan Rabaa Nagari Koto Kaciak Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam-Sumatera Barat.

Jajaran Kodim 0304/Agam melaksanakan kegiatan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, Tahun 1441 H / 2019 M berlangsung di Masjid Al-Hanif Kodim 0304/Agam. Acara diikuti oleh Kasdim, Para Perwira Staf, Danramil se-jajaran Kodim, para Babinsa dan anggota Persit Dim 0304/Agam, dan seluruh anggota PNS beserta keluarga besar Kodim 0304/Agam, Jum,at (15/11/2019). Kepala Staf Kodim 0304/Agam Mayor Inf Masrizal dalam sambutannya menyampaikan, Nabi Muhammad SAW adalah seorang pemimpin dan seorang panglima perang yang sepatutnya harus kita cintai dengan cara mengaplikasikan setiap tingkah laku kita di masyarakat, selaku insan prajurit mari kita senantiasa berpedoman pada ajarannya dan melaksanakan sunah-sunahnya dikehidupan sehari-hari.

Dipimpin langsung oleh Kapten Inf Darius Bangun (Danramil 02/Bnh Dim 0304/Agam) dan didampingi Juffri Arif ( Plt Walinagari Banuhampu), pada hari Senin tanggal 18 November 2019 pukul 08.15 Wib telah dilaksanakan Karya Bakti Perbaikan Parit dan Perambahan Jalan dalam rangka program kegiatan Binter Terpadu TW IV TA. 2019 Kodim 0304/Agam. Yang bertempat di Jorong Sungai Landai Nagari Cingkariang Kecamatan Banu Hampu Kabupaten Agam-Sumatera Barat.

Kodim 0304/Agam laksanakan latihan menembak senjata ringan TW IV TA. 2019 ini berlangsung di lapangan tembak Gudmulap Jln Panorama Baru Kota Bukittinggi yang diikuti oleh seluruh Perwira, Bintara dan Tamtama Kodim 0304/Agam. Pasiops Kodim 0304/Agam Kapten Czi Fakarullah menyampaikan Latbakjatri ini merupakan salah satu bentuk pembinaan personel khususnya bidang latihan. Latihan ini terprogram dan terencana setiap triwulannya. "Kami harapkan ini mampu meningkatkan kemampuan personel Kodim 0304/Agam khususnya kemampuan menembak," tegas Pasiiops. Ia menyebutkan seluruh anggota Kodim 0304/Agam wajib mengikuti Latihan menembak Senjata ringan yang dilaksanakan sekali dalam tiga bulan. Latihan ini berlangsung selama selama dua hari yang dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu tanggal 12 s/d 13 November 2019 . Materi latihan menembak personel yaitu menembak senjata ringan jarak 100 meter dengan tiga sikap yaitu tiarap, duduk dan berdiri. Selama pelaksanaan latihan menembak, prajurit yang menembak diawasi secara ketat oleh Pimpinan petembak (Pibak) dan Pengawas Lajur.

Komandan Kodim 0304/Agam ( Letkol lnf Victor Andhika Tjokro S.lP ) memberikan materi wawasan kebangsaan (wasbang) kepada ratusan siswa/siswi SMA Negeri 2 Bukittinggi bertempat di Aula SMA Negeri 2 Bukittinggi dengan dihadiri lebih kurang 200 orang siswa/i dan para Majelis Guru. Adapun tema dalam kegiatan wasbang tersebut adalah “Memberdayakan Wilayah Pertahanan Melalui Kegiatan Binter Terpadu Guna Memantapkan Ruang Alat dan Kondisi Juang Yang Tangguh”. Dalam acara itu, Materi wawasan kebangsaan yang diberikan Dandim 0304/Agam tersebut berkaitan dengan ideologi Pancasila sebagai dasar negara falsafah berbangsa dan bernegara, Narkoba, dan kenakalan remaja.

Dengan thema "Memberdayakan wilayah pertahanan melalui kegiatan Binter terpadu guna memantapkan ruang, alat dan kondusi juang tangguh", pada hari Senin tanggal 11 Nopember 2019 pukul 17.00 WIB, Komandan Kodim 0304/Agam Letkol Inf Victor Andhyka Tjokro, S.IP, melaksanakan peninjauan kegiatan bedah rumah tidak layak huni program kegiatan Binter terpadu Kodim 0304/Agam TA. 2019 bertempat di Jorong Lasi Mudo Desa Gonggongan Ateh Nagari Lasi Kecamatan Candung Kabupaten Agam-Sumatera Barat. Adapun pemilik rumah tidak layak huni yang dibedah a.n Bahrial, umur 53 thn, suku Jambak, pekerjaan wiraswasta, alamat Jorong Lasi Mudo Desa Gonggongan Ateh Nagari Lasi Kecamatan Candung Kabupaten Agam, Kegiatan bedah rumah tidak layak huni ini dengan ukuran 5x6 m pengerjaannya terhitung mulai tanggal 11 s.d 24 Nopember 2019.

Saka Wira Kartika merupakan wadah kegiatan Pramuka bagi para pelajar setingkat SLTA yang dibentuk oleh TNI, sebagai pelaksana pembinaan di wilayah dilaksanakan oleh tiap Kodim. Saka Wira Kartika ini bertujuan untuk menyiapkan generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur serta menjadi Warga Negara Indonesia yang berjiwa Pancasila. Kegiatan Diksar satuan Perjusami Saka Wira Kartika Kodim 0304/Agam dalam rangka binter terpadu TW. IV tahun 2019 di pimpin oleh Kapten Inf. Army P Nasution (koordinator/pembina) serta di bawah naungan/pengawasan Dandim 0304/Agam Letkol Inf. Victor Andhyka Tjokro S.IP. diikuti oleh perwakilan pelajar dari sekolah SLTA se-Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi, yang diawali dengan Upacara Pembukaan di Lapangan Wirabraja Kodim 0304/Agam. Sebagai Inspektur Upacara Kasdim 0304/Agam Mayor Inf. Masrizal. Senin (11/11/2019)

Dengan mengusung tema “Aku pahlawan masa kini "pengabdian, perjuangan dan pengorbanan para pahlawan hanya untuk Bangsa dan Negara " dalam rangka memperingatai Hari Pahlawan Ke-74 Tahun 2019 di Kota Bukittinggi menggelar Upacara dan Ziarah Nasional, bertempat di Taman Makam Pahlawan Khusuma Bhakti, Gulai Bancah Kota Bukittinggi-Sumatera Barat, Minggu (10/11/2019). Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Ziarah Nasional adalah Dandim 0304/Agam Letkol Inf. Victor Andhyka Tjokro S.IP dengan dihadiri Walikota Bukittinggi ( H.Ramlan Nurmantias ), wakil wali kota Bukittinggi ( Irwandi SH ), Kapolres Bukittinggi diwakili wakapolres( Kompol Sumintak ), Ketua DPRD kota Bukittinggi ( Herman Sofyan ), Kejari Bukitinggi (Feri Tas SH ,M hum mhi ), Forkopimda Kota Bukittinggi, Kepala pengadilan Agama ( Orba Susilawati SA ) Para Veteran, Personel Kodim 0304/Agam, Personel Polres Kota Bukittinggi, Pelajar Se Kota Bukittinggi dan seluruh tamu undangan.

Dalam rangka mengantisipasi berkembangnya bahaya laten komunis dan paham radikal, Kodim 0304/Agam menggelar sosialisasi Pembinaan Antisipasi Balatkom dan Paham Radikal, bertempat di Aula II Makodim 0304/Agam, Kamis (07/11/2019). Sosialisasi yang bertemakan "Melalui pembinaan antisipasi Balatkom dan paham radikal, prajurit TNI AD senantiasa waspada dan mampu mengambil langkah yang tepat dalam mengamankan dan menjaga keselamatan bangsa dan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) dari segala bentuk ancaman terutama bangkitnya kembali bahaya laten komunis dan paham radikal". Kegiatan tersebut diikuti anggota TNI, PNS dan Persit Kodim 0304/Agam.

"Tour de Singkarak 2019 merupakan event besar dengan jangkauan luas. Ada banyak kabupaten dan kota yang dilewati dengan keindahan alam dan budaya di setiap daerah yang sangat khas. Peserta dijamin akan mendapatkan banyak experience dari tiap etape yang dilaluinya, salah satu wilayah yang akan dilalui para peserta TDS yaitu Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, yang merupakan wilayah satuan kerja Kodim 0304/Agam. Untuk itu Kodim 0304/Agam selaku aparatur kewilayahan bersama intansi terkait melaksanakan pengamanan ivent internasional balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2019 selama melalui jalur Wilayah satuan kerja Kodim 0304/Agam, Selasa ( 05/11/2019).

Ada yang berbeda pada Upacara bendera pada Senin (04/11) yang dimulai pukul 07.00 WIB di halaman sekolah SMA 1 Negeri IV Koto Jalan Raya Bukittinggi-Maninjau Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam-Sumatera Barat, kali ini dengan inspektur upacara Danramil 09/IV Koto Kapten Inf Army, yang didampingi kepala sekolah dan para guru pengajar. Dalam amanatnya, Danramil mengatakan, "Sudah waktunya kita melakukan perubahan, pola belajar yang belum aktif agar lebih diaktifkan, siswa yang belum disiplin wajib diingatkan, tatakrama dan etika serta tata tertib disekolah wajib dijalankan, hal ini perlu guna menghadapi kemandirian siswa yang lebih dewasa, santun dan arif. Tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, dengan membudayakan berdoa sebelum memulai suatu kegiatan agar yang kita dapatkan menjadikan berkah dalam menyongsong kehidupan dimasa kini dan kedepan.

Bersama Kelompok Tani, Babinsa yang berada di Koramil 01/Bukittinggi, Kodim 0304/Agam Serda Parlindungan terus mendampingi petani untuk menggencarkan luas tambah tanam (LTT) di Koto Selayan Kecamatan mandiangin Kota Bukittinggi, Kamis (31/10/19). Pendampingan ini dilaksanakan di salah satu kelompok tani Harapan dengan luas lahan 0.5 Hektar. Serda Parlindungan, Babinsa Koramil 01/Bukittinggi mengatakan, pada masa panen ini petani yang berada di kelompok tani Harapani telah memperoleh hasil panen yang maksimal. Namun diharapkan dapat lebih meningkat lagi, pada panen berikutnya.“Bersama penyuluh, kami mengajak Kelompok Tani usai panen segera mengolah lahan persawahan agar target luas tambah tanam periode ini tercapai,” katanya.

Komando Distrik Militer 0304/Agam menggelar tes kesegaran jasmani Uji Kenaikan Pangkat dan periodik II TA. 2019, di Lapangan Wirabraja Makodim 0304/Agam Jl. Jendral Sudirman Kota Bukittinggi. Dalam rangka mengukur sejauh mana pembinaan kemampuan jasmani prajurit di jajaran Kodim 0304/Agam dilakukan uji kesegaran jasmani secara periodik bagi seluruh prajurit baik Perwira, Bintara , Tamtama dan PNS. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari pada 31 Oktober dan 1 November 2019, dikatakan Lettu Czi Pasiops Kodim 0304/Agam.

Koramil 09/IV Koto Kodim 0304/Agam melaksanakan pelatihan, pendampingan dan pengawasan kegiatan Lintas Alam Bagi Pramuka tingkat SD,SLTP dan SMA se-Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam-Sumatera Barat, Sabtu (26/10/2019). Kegiatan yang diikuti ± 500 orang anggota Pramuka se-Kecamatan IV Koto, dengan pendamping dan pengawasan dari Koramil IV Koto, dihadiri Kepala Diknas Kabupaten Agam Drs Isra M pd, Camat IV Koto Rahmi Artati S.STP, MSi, Danramil IV Koto, Babinsa Koramil IV Koto, Kepala Sekolah se-Kecamatan IV Koto dan Para Majelis Guru. Mengambil route start dari Lapangan Janjang Koto gadang Nagari Koto gadang dan Finis di Jorong Lambah Nagari Sianok 6 suku Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam dengan jarak ± 5 km. Dengan materi yang dilatihakan Jembatan tali dua, Jaring pendaratan dan Penyebrangan basah.

Dalam upaya menanamkan semangat Bela Negara dan Cinta Tanah Air, Pasiter Kodim 0304/Agam Kapten Inf Chairul M mewakili Komandan Kodim 0304/Agam memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada para Santri Pondok Pesantren Sumatra Thawalib Parabek Bukittinggi . Bertempat di Aula Pondok Pesantren Thawalib Parabek Bukittinggi. Selasa (29/10/2019). Adapun tujuan dari kegiatan ini, untuk menguatkan tekad dan semangat para santri makin cinta tanah air, negara dan bangsa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),“Kita mengajak para santri agar memiliki rasa kebangsaan, memahami tentang kebangsaan dan memiliki semangat kebangsaan,” terang Pasiter.

Babinsa Koramil 13/ABTB Kodim 0304/Agam turut ambil bagian pada Gotong Royong/kerja bakti dengan warga setempat. Hal tersebut disampaikan Komandan Koramil 13/ABTB Kapten Arh Sukandar dalam kesempatannya, Jum’at (25/10/2019). Dikatakannya, Gotong Royong/kerja bakti merupakan kegiatan yang banyak sekali manfaatnya baik bagi lingkungan maupun warga yang tinggal di daerah Binaan kita”. ” Dengan kerja bakti, lingkungan menjadi bersih sehingga terhindar dari berbagai sumber penyakit. Tidak kalah penting dengan ikut kerja bakti juga sebagai wadah sulaturahmi antar warga, bisa saling tegur sapa dalam kebersamaannya “, ujar Danramil. Seperti halnya yang dilakukan Babinsa Kodim 0304/Agam bersama warga Sapiran RT. 01 RW .01 Kota Bukittinggi yang sedang melakukan kerja bakti pembersiahan lingkungan tempat tinggal warga binaannya.“Diharapkan agar warga lebih memperhatikan kebersiahan lingkungan, supaya warga lebih nyaman dalam bertempat tinggal, lingkungan lebih asri dan terpenting dengan lingkungan yang bersih sangat menunjang agar kita lebih hidup sehat. Ujar Babinsa Ramil 13/ABTB.

Babinsa Jajaran Koramil 04/Tiku bersama anggota Polsek Tiku yang dibantu oleh masyarakat sekitar, Melaksanakan /Gotong royong/Kerja bakti membersihkan halaman Masjid Al-Ihksan Bukit Apung Nagari Tiku Utara Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam, Jumat (25/10/2019). Danramil 04/Tiku Kapten Inf Ridwan Mengatakan, Kegiatan ini merupakan satu di antara metode pembinaan teritorial, di mana sangat penting menjaga komunikasi dan hubungan yang harmonis antara TNI dengan rakyat maupun dengan Polri.

Guna mendukung operasional kerja untuk anggotanya/Komandan Kodim 0304/Agam Letkol Inf Victor Andhika Tjokro, S.I.P. menyerahkan sebanyak 8 motor KLX untuk Babinsa, bertempat di Lapangan Apel Makodim 0304/Agam. Kamis (24/10/19) Menurut Dandim menjelaskan, penyerahan kendaraan dinas ini tujuannya untuk membantu kinerja dan tugas pokok para Babinsa khususnya yang berada di daerah pegunungan. Sehingga, apabila terjadi bencana alam atau yang lainnya kendaraan ini bisa digunakan. “ Kita Bersyukur" pada kesempatan ini, kita mendapat dukungan sepeda motor baru jenis KLX sejumlah 8 unit, dan untuk pembagiannya kita prioritaskan untuk Babinsa yang ada di daerah pegunungan sehingga akan bisa digunakan secara maksimal,”terang Dandim. Lebih lanjut Dandim kepada anggota yang menerima, bahwa kendaraan tersebut adalah amanah. Oleh karena itu, kendaraan harus dirawat dan selalu dalam keadaan siap operasional. “ Bagi anggota yang menerima saya berpesan,rawatlah kendaraan tersebut,karena ini termasuk amanah yang harus selalu dijaga dan dirawat,sehingga selalu dalam keadaan siap pakai,”pesan Dandim.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sertu Zulfikar dan masyarakat Nagari Sungai Tanang bergotong-royong membangun rumah warga korban kebakaran, di Jorong Pandan Gadang Nagari Sungai Tanang Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam-Sumatera Barat, Kamis (24/10/2019). Rumah baru yang dibangun tersebut milik salah satu warga Sungai Tanang atas nama Farida (64) yang ludes terbakar api beberapa waktu yang lalu. Dalam kegiatan tersebut, prajurit TNI dan aparat Nagari setempat beserta warga saling bergotong royong bahu-membahu mempercepat pembangunan rumah. Mereka melakukannya dengan penuh kegembiraan dan saling membantu satu sama lain, sehingga pekerjaan yang berat serasa akan lebih ringan. Proses pendirian rumah secara gotong-royong, mencerminkan kerukunan dan kerja sama lintas anggota baik sipil maupun militer.

Mengusung Tema untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan kamseltibcarlantas, bertempat di halaman Mako Polres Agam telah berlangsung Apel Gelar Pasukan “OPERASI ZEBRA SINGGALANG 2019” yang akan di laksanakan mulai tgl 23 Oktober s/d 5 November2019. Rabu (23/10/2019). Adapun yang mengambil apel adalah Kapolres Agam Akbp Dwi Nus Setiawan SIK.SH dan di hadiri oleh: Bupati Agam Dr H Indra Catri, Dandim 0304/Agam Letkol Inf Victor Andhyka Djokro, S.I.P, Kapolres Agam Akpb Dwi Nur Setiawan Sik.SH, Kejari Kab Agam di wakili, Kasidatum Devit SH, Kakesbangpol Agam di wakili Sek kesbangpol bapak Eka Basmira, Kasatpol PP Kab. Agam bapak Dandi Pribadi, Kadishub kab Agam bapak Yosefriawan, Kabag, kasat,Kapolsek jajaran dan perwira staf polres Agam, personel Kodim 0304/Agam, Personel Polres Agam, Dishub Kab. Agam,dan Sat Pol PP Agam.

Bertempat di Lapangan Bola Kaki Nagari Lawang, pada hari Selasa (22/10/2019), Bintara Pembina Desa Serda Yurhendri Koramil 10/Matur Kodim 0304/Agam menghadiri Undangan Pembukaan Turnamen Sepak Bola antar Nagari se Kabupaten Agam dengan memperebutkan tropy Bupati Agam, dan dihadiri oleh Camat Matur, Wali Nagari se Kecamatan Matur. Pembukaan turnamen tersebut langsung dibuka oleh Camat Matur, wali Nagari Lawang dan Babinsa Lawang. Dalam sambutannya Serda Yurhhendri, “Saya sangat mengapresiasi kegiatan open turnamen Sepak Bola ini, Junjung sportivitas dalam bertanding karena kalah dan menang dalam pertandingan adalah hal yang wajar, jadikan sebagai bsebuah motivasi untuk kita lebih giat berlatih untuk pertandingan kedepannya, dan saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya, terutama kepada Masyarakat Nagari Lawang yang telah menyumbangkan waktu, tenaga dan pikiran demi suksesnya acara ini”. Adapun tujuan dilaksanakanya Open Turnamen ini, tidak lain untuk mempererat tali persaudaraan dan silaturahmi antar masyarakat dan anak Nagari se Kabupaten Agam, serta mengembangkan dan menyalurkan hoby para pemuda anak Nagari kepada hal yang positif yakninya Sepak Bola.

Kodim 0304/Agam gelar kegiatan Penyuluhan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), di Aula Makodim 0304/Agam, JL. Jendrala Sudirman Kota Bukittinggi-Sumatera Barat, Senin (21/10/2019). Hadir dalam kegiatan P4GN sekaligus Tes Urine, Kasdim 0304/Agam Mayor Inf Masrizal, Perwira Staf Jajaran Kodim 0304/Agam, Danramil jajaran Kodim 0304/Agam, Persit KCK Cab LVIII Dim 0304/Agam, ASN Kodim 0304/Agam dan personel Kodim 0304/Agam.

Bertempat di Aula Kantor Camat Palembayan, Babinsa Baringin Koramil 11/Palembayan Serda Wilfrido menghadiri undangan sosialisasi Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) Bambu dalam rangka peningkatan kapasitas sumber daya masyarakt (SDM) khususnya masyarakat Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam-Sumatera Barat yang dihadiri oleh Kepala KPHL Agam Raya, Kepala BPDASHL Agam Kuantan, Walinagari Beringin, Kelompok Tani, Ninik Mamak dan masyarakat Kecamatan Palembayan. Selasa (22/10/2019). Output dari kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi dan meningkatkan kapasitas masyarakat agar mampu dan terampil dalam pemanfaatan HHBK khususnya bambu. Diharapkan para peserta harus aktif dalam kegiatan pelatihan ini, sehingga bisa di implementasikan dan memberikan dampak nilai ekonomis bagi masyarakat dan dengan melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat mendapatkan wawasan baru yang dapat membuka peluang usaha sehingga masyarakat lebih mandiri dan sejahtera serta tidak ketergantungan terhadap hutan.

Kodim 0304/Agam bersinergi dengan Polres Bukittinggi melaksanakan patroli bersama dalam rangka Cipta Kondisi diwilayah Kota Bukittinggi menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024, Sabtu (19/10/2019). Kegiatan diawali dengan Apel gabungan TNI-Polri dalam hal ini anggota Kodim 0304/Agam dan anggota Polres Bukittinggi dihalaman Makopolres Kota Bukittinggi dan dilanjutkan dengan Patroli bersama ke tempat-tempat objek vital yang berada di Kota Bukittinggi sehingga terciptanya kondisi yang aman dan kondusif. Patroli gabungan ini dalam rangka deteksi dan cegah dini,kemungkinan terjadi gangguan-gangguan Menjelang pelantikan Presiden dan Wapres dan pasca pelantikan serta memelihara situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif di wilayah kota Bukittinggi.

Bertempat di Aula Kantor Camat Tanjung Raya telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi tahap dua pengelolaan Danau Maninjau (Pengurangan Keramba Jaring Apung) bersama pemilik/pengusaha Keramba jaring apung yang berada di seputaran Danau Maninjau Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam-Sumatera Barat. Turut hadir dalam acara sosialisasi tersebut , Letkol Inf Victor Andhyka Tjokro, S.IP (Dandim 0304/Agam), Bapak Hendria Asmi S.STP.MSc (Camat Tanjung Raya), Hermanto (Dinas Perikanan dan ketahan Pangan kabupaten Agam ), Kapolsek Tanjung Raya yang diwakili oleh Zulmahdi (Wakapolsek Tanjung Raya), Novrizon (Wali Nagari Tanjung Raya), Kapten Inf Darius Bangun (Pasi Intel Dim 0304/Agam ), Lettu Inf Amrizal (Dan Unit Dim0304/Agam), Kapten Inf Chairul .M (Danramil 05/Tanjung Raya), Babinkabtipmas Tanjung Raya, Pemilik/Pengusaha KJA,. Babinsa Ramil 05/Tanjung Raya.

Babinsa Koramil 13/ABTB (Aur Birugo Tigo Baleh) Kodim 0304/Agam bersama 20 warga melaksanakan Gotong-Royong (Goro) membersihkan areal Masjid Baiturahman yang berada di RT01/RW01 Jl. Sertu Kamarudin Kelurahan Sapiran Kecamatan ABTB Kota Bukittinggi, Jum’at (18/10/2019). "Kegiatan Goro ini merupakan suatu bentuk kepedulian anggota Koramil 13/ABTB dalam menjaga kebersihan tempat umum, yakni tempat ibadah. Karena tempat ibadah merupakan tempat yang bersih dan selalu dijaga akan kesuciannya," kata Danramil 13/ABTB Kapten Inf Sukandar.

Bertempat di Mesjid Nur Rahmi Induring Nagari Kapau Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam-Sumatera Barat, pada hari Jum’at (18/10/2019), Komandan Koramil 07/Tilkam Kapten Arh Herman Beserta Babinsa Kapau Koramil 07/Tilkam Serka Edi S. Menghadiri Undangan Wirid KOPRI dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, sekaligus mempererat silaturahmi. Turut hadir dalam acara tersebut Camat Tilkam Yang diwakili Sekcam, Danramil 07/Tilkam, Kepala Puskesmas Kapau, Babinsa Koramil 07/ Tilkam, Kepala Instansi Se Kec.Tilkan, Kepala Bamusc Kec.Tilkam, Kepala Sekolah se kec.Tilkam, Wali Nagari Se Kec Tilkam, Perangkat Kec.Tilkam.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01/Bukittinggi Dim 0304/Agam, Sertu Musmuliadi melaksanakan kegiatan Komsos sekaligu sosialisasikan Bios 44 kepada masyarakat Kelurahan Guguk Bulek yang dihadiri Oleh Lurah Guguk Bulek, Babinkantibmas, Ninik Mamak, Bundo Kandung dan para kader PKK Kelurahan Guguk Bulek Kota Bukittinggi-Sumbar, bertempat di Aula Kantor Lurah Guguk Bulek. Kamis (17/10/2019).

Persit KCK (Kartika Chandra Kirana) merupakan organisasi persatuan Isteri Prajurit TNI AD (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat).Isteri Prajurit mutlak tidak dapat dipisahkan dari TNI AD, baik dalam melaksanakan tugas organisasi maupun dalam kehidupan pribadi.Kegiatan Persit antara lain melakukan kegiatan di bidang organisasi, ekonomi, pendidikan, budaya dan sosial. Bertempat di Aula III Makodim 0304/Agam, Pada hari Kamis (17/10/2019) Pukul 09.30 Wib telah dilaksanakan Pertemuan Gabungan Sosialisasi Etika dalam bermedsos dn demo make up oleh INEZ kepada Anggota persit KCK Cab LVIII Dim 0304 Rem 032 PD I/BB.

Seorang Babinsa selain bisa membaca situasi yang berkembang, juga harus dapat menentukan apa yang akan dilakukan kedepan bersama aparatur dan insatansi terkait yang ada diwilayah binaannya. Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 01/Bukittinggi Sertu Eka Hidayat melaksanakan Komsos (Komunikasi Sosial) sebagai ajang silaturahmi dengan pegawai Kelurahan Bukit Apit Puhun Kota Bukittinggi membicarakan tentang perkembangan situasi dan kondisi wilayah binaan menjelang pelaksanaan pelantikan presiden. Rabu (16/10/2019).

Dalam rangka membentuk sikap, kedisplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, rasa persatuan dan rasa tanggung jawab sejak dini, maka Babinsa Koramil 02/Banuhampu Sei Puar Serda M. Toni memberikan pelatihan dasar Peraturan Baris Berbaris kepada Siswa-siswi MAN Kubang Putih Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam-Sumatera barat. Rabu (16/10/19). Pelatihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) sebagai wujud latihan fisik guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya sikap dan perilaku seseorang agar memiliki disiplin yang tinggi. Disinilah langkah awal bagi anak-anak sekolah untuk mengenalkan kedisplinan dan suatu latihan awal untuk membela Negara.

Sayup-sayup suara talempong pacik terdengar bersahutan dari kejauhan, dentuman suara gendang yang bertalu-talu tak lantas menenggalamkan suara alat musik tradisional Minang yang memiliki suara lengking tersebut. Suara itu berasal dari Lapangan Nagari Padang Tarok yang seketika disulap menjadi panggung pertunjukan seni, ratusan pasang mata fokus memperhatikan sekumpulan anak yang tengah asik menari dan memainkan alat musik. Acara Pentas Seni Anak Nagari yang bertempat di Jorong Salasa Padang Tarok tersebut dihadiri oleh Peltu Siburian Bati tuud dan Serda Afrikos Babinsa Koramil 06/Baso Kodim 0304/Agam, Surya Wendri Camat baso, Waka Polsek Baso, plh Wali Nagari Padang Tarok, Ketua Bamus Padang Tarok, Wali Jorong se Nagari Padang Tarok, Dewan guru dan Para anak didik tingkat SD dan Tk se Nagari Padang Tarok. Jum'at (11/10). pentas seni berbasis tradisi tersebut juga bertujuan untuk menjaga tradisi dari leluhur kita, membangkitkan semangat generasi muda untuk berkreasi melalui wadah kesenian serta, membuat jaringan antar sesama komunitas di Sumbar, terutama yang fokus melibatkan anak-anak Nagari.

Pembinaan wilayah yang menjadi tugas dan tanggung jawab Babinsa harus dilakukan secara terus menerus dan terkoordinir dengan baik sehingga sasaran akan tercapai lebih maksimal, hal ini dilakukan oleh Sertu Zainal Afri sebagai Babinsa Malalak Timur Koramil 09/IV Koto Kodim 0304/Agam yang menghadiri musyawarah perkembangan keamanan Nagari Malalak Timur bertempat di Aula Kantor Bamus Nagari Malalak Timur Kecamatan Malalak Kabupaten Agam- Sumatera Barat. Jum'at (11/10). Dalam pertemuan yang dihadiri perangkat Nagari, Tokoh adat, Tokoh Agama, dan masyarakat Nagari Malalak Timur, membahas tentang perkembangan situasi wilayah terkait keamanan juga masalah program pembangunan yang ada di wilayah Nagari Malalak Timur. Dalam kesempatan tersebut Sertu Zainal Afri memberikan saran dalam menyikapi keamanan lingkungan, agar warga masyarakat di masing-masing jorong harus digiatkan dalam keamanan menjaga lingkungannya seperti melaksanakan siskambling.

Anda sudah tahu atau sudah pernah mendengar apa yang dimaksud dengan Karang Werda? Mungkin bagi kebanyakan orang istilah Karang Werda masih asing di telinga mereka. Baiklah, di sini akan disampaikan tentang pengertian Karang Werda, tugas serta fungsinya. Menurut pengertiannya, Karang Werda memiliki penjelasan sebagai berikut, Karang Werda adalah sebuah wadah untuk menampung kegiatan para lanjut usia yang dibentuk dalam rangka membantu mewujudkan kesejahteraan mereka. Pembentukan perkumpulan ini didasari pada surat keputusan atau SK yang dikeluarkan oleh kepala desa tempat Karang Werda tersebut berada. Bertempat di Aula Kantor Lurah Campago Guguak Bulek, pada hari kamis (10/10), Sertu Musmuliadi Babinsa Koramil 01/Bukittinggi Kodim 0304/Agam, hadiri acara silaturahmi dan memperdayakan aktivitas lansia serta pembentukan kepengurusan forum lansia/Karang Werda Kelurahan Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi-Sumatera Barat.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10/Maturi jajaran Kodim 0304, Serda Abdulah melaksanakan pendampingan terhadap anggota Kelompok Tani (Poktan), Rudi (42) yang tengah melakukan panen padi jenis bibit varietas Beras Putih di lahan seluas lahan 0.2 Ha, di Nagari Matur Hilir, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam-Sumatera Barat, Kamis (10/10/2019). Dalam proses panen padi tersebut, Babinsa Matur dan para petani tampak semangat saat memotong tanaman padi. “Saya tak mengenal lelah walaupun berjibaku dengan lumpur dan gatal-gatal di badan, karena tugas saya sebagai Babinsa harus selalu siap sedia membantu warga, apalagi dalam kegiatan panen padi seperti ini”. ucap Abdulah. Komandan Koramil 10/Matur Lettu Inf Sumantri membenarkan bahwa dalam menyukseskan program swasembada pangan nasional, TNI Angkatan Darat memerintahkan Babinsa supaya selalu terjun ke lapangan dan berkordinasi dengan PPL dalam menjalankan tugas di lapangan, sehingga dapat berjalan dengan lancar, terkait dengan progam pertanian.

Negara-negara Peserta/Penandatangan Konvensi Hak-Hak Anak PBB pada tanggal 20 November 1989, mendeklarasikan menghormati dan menjamin hak-hak setiap anak tanpa diskriminasi dalam bentuk apapun tanpa dipandang ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, keyakinan politik dan pendapat-pendapat lain, kebangsaan, asal etnik atau sosial, kekayaan, ketidakmampuan, kelahiran atau kedudukan lain dari anak atau orangtua anak atau pengasuhnya yang sah. Anak berarti setiap manusia yang berusia di bawah delapan belas tahun kecuali, berdasarkan undang-undang yang berlaku untuk anak-anak, kedewasaan telah dicapai lebih cepat. Berdasarkan Konvensi tersebut, berikut 10 hak yang wajib diberikan orangtua untuk anak yaitu: Hak untuk bermain Hak untuk mendapatkan pendidikan Hak untuk mendapatkan perlindungan Hak untuk mendapatkan nama (identitas) Hak untuk mendapatkan status kebangsaan Hak untuk mendapatkan makanan Hak untuk mendapatkan akses kesehatan Hak untuk mendapatkan rekreasi Hak untuk mendapatkan kesamaan Hak untuk berperan dalam pembangunan.

Koordinasi dan penanganan yang cepat, tepat, efektif, efisien, terpadu, dan akuntabel diperlukan dalam penanggulangan bencana agar dampak yang ditimbulkan dapat dikurangi. Dalam penanggulangan bencana, khususnya dalam fase tanggap darurat harus dilakukan secara cepat, tepat, dan dikoordinasikan dalam satu komando. Untuk melaksanakan penanganan tanggap darurat, pemerintah yang diwakili oleh BNPB/ BPBD menunjuk pejabat sebagai komandan sesuai dengan amanah PP No. 21 Tahun 2008. Mewakili Komandan Koramil 06/Baso Kapten Inf Rudi, Sertu Yulis Babinsa Nagari Koto Baru Koramil 06/Baso menghadiri acara penyuluhan kesiapsiagaan tanggap bencana, yang di hadiri oleh , Camat Baso Surya Wendri, Wali Nagari Koto Baru beserta perangkat, Ninik Mamak, Bundo Kandung, pemuda pemudi dan masyarakat Koto Baru. Dalam acara penyuluhan dan pelatihan kesiapsiagaan dan tanggap bencana bertempat di Aula Kantor Wali Nagari koto baru. Rabu (09/10/2019). acara penyuluhan berjalan dengan aman dan lancar, Demikian disampaikan.

Bertempat di Aula RS TNI AD Tk IV. Bukittinggi wilayah Denkesyah 01-01-04 Padang, pada hari Selasa (08/10) dilaksanakan Bakti sosial Donor Darah dalam Rangka HUT TNI Ke-74 tahun 2019 dengan di hadiri oleh Personil Kodim 0304/ Agam, Personil Yonif 131/ BS, Personil Polres Bukittinggi, PNS TNI RST Bukittinggi, Pesonil Yonzipur Payakumbuh, Persit Kartika Candra Kirana dan masyarakat Kota Bukittinggi. Kegitan ini dilakukan atas kepedulian TNI dan jajarannya dalam bakti sosial donor darah untuk membantu masyarakat sekitarnya yang membutuhkan darah, serta memeriahkan peringatan HUT TNI KE-74 tahun 2019.

Koramil 01/Bukittinggi mendapat kunjungan silahturahmi dari 6 (Enam) orang Siswa Seba Polri dari Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Padang Besi - Jl . Raya Padang - Indarung km. 12, Padang. Silahturahmi disambut baik oleh Batituud a.n. Peltu Sariaman Purba beserta 2 orang Babinsa Koramil 01/Bukittinggi Bertempat di Makoramil 01/Bukittinggi Kodim 0304/Agam. Adapun maksud dan tujuan silahturahmi untuk bersilahturahim, mengenal dan berbagi arahan dalam memupuk sinergitas TNI Polri dalam pengabdian demi bangsa dan negara. Selasa (08/10).

Guna terciptanya rasa persatuan dan kesatuan serta kebersamaan antara TNI dengan Rakyat dan terciptanya Sinergitas TNI Polri di Wilayah Kodim 0304/Agam, pada hari Minggu pagi (06/10), bertempat diLapangan Wirabraja Kodim 0304/Agam , Pemerintah Kota Bukittinggi dan Polres Kota Bukittinggi memberikan surprise kepada TNI dalam hal ini Kodim 0304/Agam dalam rangka HUT TNI ke-74 tahun 2019, berupa kegiatan olah raga bersama, jalan santai dan diakhiri pemberian doorprise.

Babinsa Kubang Putih Serda Fitrizal Koramil 02/Sunagi Puar pada hari Senin 07 Oktober 2019, bertindak sebagai Irup dalam pelaksanaan Upacara Bendera di SD Negeri 17 Mato Jaring Kecamatan Banuhampu Sungai Puar Kabupaten Agam- Sumatera Barat. Dalam kegiatan Upacara yang dihadiri Kepala Sekolah, Majelis Guru, dan seluruh Siswa-siswi, Dalam kesempatannya Irup menyampaikan amanat "Mengajak generasi penerus Bangsa "Agar taa terhadap nasehat bapak /Ibu guru serta orang tua dan belajar yang rajin juga bentuk wujud dari bela negara. “Karena dengan belajar yang rajin nantinya dapat menciptakan inovasi – inovasi teknologi yang digunakan untuk kemajuan bangsa dan negara.”tegasnya. Dalam kesempatannya Kepala Sekolah menuturkan dalam kegiatan Upacara kali ini sangat hikmat, semoga dengan adanya Bapak TNI (Babinsa Koramil 02/Banuhampu Sungai Puar) Siswa-siswi dapat termotivasi dan tergugah menjadi lebih disiplin dengan kehadiran Bapak TNI. “Tetunya saya mewakili semua Guru sangat berterima kasih Kepada Bapak TNI, semoga nantinya dalam kegiatan lain contohnya PBB dan pelajaran-pelajaran yang menyangkut dengan kedisiplinan atau Pramuka saya sangat mengharap kehadiran Bapak TNI,”ungkapnya

MERAWAT PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA DENGAN NILAI-NILAI DAN SPIRIT WAWASAN KEBANGSAAN Oleh: ZAITUL IKHLAS SAAD (Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Padang) Kemerdekaan Republik Indonesia yang diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945 adalah buah dari persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang dirajut dan disulam dalam rentang sejarah yang panjang melalui perjuangan dan pengorbanan anak bangsa yang tak tehitung jumlahnya. Wilayah Indonesia yang terdiri dari 17. 504 pulau, 1340 suku dan 546 bahasa (BPS 2010) satu-satunya negara yang memiliki keunikan suku bangsa. Bangsa Indonesia dikenal sebagai negara yang majemuk, ditandai dengan banyaknya suku, etnis, budaya, agama, adat istiadat di dalamnya. Di sisi lain, Bangsa Indonesia dikenal memiliki masyarakat multikultural, masyarakat yang anggotanya memiliki latar belakang budaya (cultural background) beragam. Multikulturalitas dan kemajemukan ini menggambarkan banyaknya keragaman yang ada. Bila dikelola secara benar, keberagaman dapat menghasilkan energi yang luar biasa besar. Namun sebaliknya bila tidak dikelola secara benar, kemajemukan dan multikulturalitas akan menimbulkan perpecahan. oleh karena itu Persatuan dan Kesatuan adalah hal yang mutlak bagi bangsa indonesia.

Babinsa Koramil 08/Biaro Kodim 0304/Agam Serka H. Manurung, Sertu Widiyono ( Mewakili Danramil 08/Biaro), melaksanakan giat "WASBANG" (wawasan kebangsaan) dalam rangka Dialog Tematik Forum Keserasian Sosial "GOBAH SEPAKAT" dengan mengusung tema "Barek Samo Dipikua Ringan Samo Dijinjing Basamo Mangko Manjadi" bertempat di Masjid Ulya Guguak Jrong Gobah Nagari Bukik Batabuah Kecamatan Canduang kabupaten Agam - Sumatera Barat. Kamis (03/10). Acara tersebut hadiri Oleh Camat Canduang ( Bpk Fauzi S.STP.MM) KaPolsek IV Angkek Canduang ( diwakili Aipda Dori), Babinkamtibmas Nagari Bukik Batabuah ( Bripka Bambang), Ketua KAN Bukik Batabuah ( Musfar As Angku Kayo), Kepala BPJS Ketenaga kerjaan Kabupaten Agam ( Bapak M.Yasir), Tokoh Masyarakat, Tokoh adat, Tokoh Agama, dan Ibu-Ibu Kelompok PKH ( Program Keluarga Harapan) Nagari bukik Batabuah Kecamatan Canduang. Dialog tematik ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara aparatur kewilayah dan masyarakat setempat serta mewujudkan satu keselarasan dalam mengambil keputusan yang tepat dan sejalan, guna membagun Nagari Candung kearah yang lebih baik kedepannya.

Dipimpin Komandan Kodim 0304/Agam Letkol Inf Victor Andhika Tjokro, S.IP (Dandim 0304/Agam), Pada hari Kamis tanggal 03 Oktober 2019 pukul 16.30 WIB telah berlangsung kegiatan upacara korp raport kenaikan pangkat Bintara dan Tamtama Personel Kodim 0304/Agam, dengan dihadiri oleh Pesonel Kodim 0304/Agam dan Ibu persit Kartika Candra Kirana Dim 0304/Agam bertempat di Aula III Makodim 0304/Agam, jalan Jendral Sudirman Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh Kota BUkittinggi- Sumatera Barat. Jum'at (04/10). Dandim dalam amanatnya, "Mengucapkan selamat kepada personel yang naik pangkat dan Dandim juga menyampaikan bahwa "Kenaikan pangkat Prajurit setingkat lebih tinggi dari pangkat lama atau sebelumnya bagi personil Kodim 0304/Agam bukan merupakan hal yang biasa ataupun pemberian hadiah namun hal ini merupakan prestasi dan pengabdian yang baik bagi Prajurit itu sendiri. Personil yang telah naik pangkat setingkat lebih tinggi dari pangkat lama maka pola pikir semakin dewasa serta tanggung jawab dalam mengemban tugas ke depan nya harus lebih bertanggung jawab lagi. Adapun personil Kodim 0304/Agam yang naik pangkat setingkat lebih tinggi dari pangkat lama atau sebelumnya berjumlah 19 orang Bintara dan tamtama diantaranya : 1. Dari pangkat Serma (Sersan Mayor) naik setingkat lebih tinggi menjadi pangkat Pelda (Pembantu Letnan Dua) sebanyak 1 orang personil. 2. Dari pangkat Serka (Sersan Kepala) naik setingkat lebih tinggi menjadi pangkat Serma (Sersan Mayor) sebanyak 4 orang personil. 3. Dari pangkat Sertu (Sersan Satu) naik setingkat lebih tinggi menjadi pangkat Serka (Sersan Kepala) sebanyak 4 orang personil. 4. Dari pangkat Serda (Sersan Dua) naik setingkat lebih tinggi menjadi pangkat Sertu (Sersan Satu) sebanyak 6 orang personil. 5. Dari pangkat Kopda (Kopral Dua) naik setingkat lebih tinggi menjadi Koptu (Kopral Satu) sebanyak 2 orang personil. 6. Dari pangkat Praka (Prajurit Kepala) naik setingkat lebih tinggi menjadi pangkat Kopda (Kopral Dua) sebanyak 2 orang personil.

Bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bahkati Gulai Bancah Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi, Pada hari Kamis tanggal 03 Oktober 2019 pukul 09.00 WIB dalam rangka memperingati HUT TNI Ke 74 tahun 2019 telah berlangsung kegiatan Upacara Ziarah Nasional. Kegiatan Upacara Ziarah dalam rangka memperingati Peringatan hari TNI KE-74 Tahun 2019 dipimpin langsung Komandan Kodim 0304/Agam Letkol inf Victor Andikha Tjokro (Dandim 0304/Agam), serta dihadiri oleh Ny. Chrisye (ketua KCK Cabang LVIII Dim 0304/Agam), Disjan jajaran Kodim 0304/Agam, Para Perwira staf/Danramil Kodim 0304/Agam, Personil Kodim 0304/Agam, Para Pengurs KCK Cabang LVIII Dim 0304/Agam, Ibu-ibu Persit Kodim 0304/Agam. Tujuan kegiatan Ziarah Nasional Dalam Rangka Peringatan Hari TNI Ke-74 Tahun 2019 untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur, karena selain sebagai sarana dan wahana untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan antar sesama anak bangsa, juga mengajak kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI untuk dapat meresapi dan merenungkan setiap perjuangan para pahlawan yang telah mengharumkan bumi pertiwi demi perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Ziarah ini memiliki arti yang sangat penting, yaitu sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendarmabaktikan Jiwa Raganya kepada Nusa dan Bangsa juga sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia karena bangsa yang besar adalah bangsa menghargai Jasa Para Pahlawannya.

Babinsa Koramil 05/Tanjung Raya, Serka Efendi dan Babinkamtibmas Polsek Tanjung Raya Brigadir Adimarwan melaksanakan kegiatan patroli bersama seputaran Danau Maninjau Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam - Sumatera Barat, sebagai wujud nyata dalam menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah binaannya. Kegiatan patroli ini juga berguna untuk menjaga stabilitas serta rasa aman di seputaran Kecamatan Tanjung Raya dan Nagari binaan khususnya, atas hubungan kerja yang baik dan solid antar aparat keamanan ini mendapat respon bagus dari masyarakat setempat, Kamis (03/10). Serka Efendi menyampaikan, dengan cara melakukan patroli wilayah secara rutin peran serta Babinsa dan Babinkamtibmas diwilayah dapat dirasakan oleh warga Nagari Kecamatan Tanjung Raya.

Bertemapat di Panggung Lapangan wirabraja Kodim 0304/Agam, Pada hari Senin tanggal 30 September 2019 pukul 20.20 WIB telah dilaksanakan kegiatan nonton bareng film Dokumenter Pengkhianatan G30S/PKI di Podium Lapangan Wirabraja Kodim 0304/Agam Jalan Sudirman Kel. Sapiran Kec. Aur Birugo Tigo Baleh Kota Bukittinggi. Adapun tujuan pemutaran film pengkhianatan G30S/PKI merupakan sejarah Bangsa Indonesia. G30S/PKI merupakan gerakan yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Sukarno dan mengubah Indonesia menjadi Negara komunis. Gerakan ini dipimpin oleh DN Aidit yang saat itu merupakan ketua dari Partai Komunis Indonesia (PKI). Gerakan ini mengincar perwira tinggi TNI AD Indonesia. Tiga dari enam orang yang menjadi target langsung dibunuh di kediamannya. Sedangkan lainnya diculik dan dibawa menuju Lubang Buaya. Jenazah ketujuh perwira TNI AD itu ditemukan selang beberapa hari kemudian. Keenam perwira tinggi TNI Angkatan Darat yang menjadi korban dalam peristiwa ini Sbb : *1*. Letnan Jendral Anumerta Ahmad Yani *2*. Mayor Jendral Raden Soeprapto *3*. Mayor Jendral Mas Tirtodarmo Haryono *4*. Mayor Jendral Siswondo Parman *5*. Brigadir Jendral Donald Isaac Panjaitan *6*. Brigadir Jendral Sutoyo Siswodiharjo Sementara itu, Panglima TNI AD Nasution yang menjadi target utama berhasil meloloskan diri. Tapi, putrinya Ade Irma Nasution tewas tertembak dan ajudannya, Lettu Pierre Andreas Tendean diculik dan ditembak di Lubang Buaya. Keenam jenderal beserta Lettu Pierre Tendean kemudian ditetapkan sebagai Pahlawan Revolusi. Sejak berlakunya UU Nomor 20 tahun 2009, gelar ini juga diakui sebagai Pahlawan Nasional. Kegiatan nonton bareng film Dokumenter Pengkhianatan 30S PKI dihadiri oleh : Letkol Inf Victor Andikha Tjokro (Dandim 0304/Agam). Ny. Chrisye (ketua KCK Cabang LVIII Dim 0304/Agam), Mayor Inf Masrijal (Kasdim 0304/Agam), Para Perwira Staf/Danramil Kodim 0304/Agam, Anggota Kodim 0304/Agam, Para Pengurs KCK Cabang LVIII Dim 0304/Agam, Ibu-ibu Persit Kodim 0304/Agam, dan Warga masyarakat sekitar yang ikut menonton Sebelum acara dimulai Dandim 0304/Agam Letkol inf Victor Andikha Tjokro memberikan kata sambutan kepada personel yang hadir, "Kejadian Gerakan 30 September 1965 oleh Partai Komunis Indonesia dimana target penyerang utama adalah petinggi TNI AD untuk mengambil alih pasukan militer. Hari ini tanggal 30 September 2019 sudah 54 tahun sejarah besar di Indonesia yang tidak bisa kita lupakan. Untuk menghormati arwah 6 jendral TNI AD diculik dan dibunuh pada tahun 1965 marilah kita mengheningkan cipta untuk para Jendral yang telah gugur pada saat peristiwa itu.

Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna sebagai hari perkabungan nasional karena adanya tragedi penculikan dan pembunuhan tersebut. Tak hanya itu pasca tragedi itu, terjadi pembersihan semua unsur pemerintahan dari pengaruh PKI mulai dari angota organisasi hingga simpatisannya. Gerakan 30 September (G30S) PKI Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 1965 faktanya erat berkaitan dengan peristiwa Gerakan 30 September 1965(G30S). Tragedi ini merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Sukarno dan mengubah Indonesia dari negara berdasarkan Pancasila menjadi negara komunis.  Enam perwira tinggi dan satu perwira menengah TNI Angkatan Darat menjadi korban dalam Gerakan 30 September. Mereka adalah:  - Letnan Jendral Anumerta Ahmad Yani - Mayor Jendral Raden Soeprapto - Mayor Jendral Mas Tirtodarmo Haryono - Mayor Jendral Siswondo Parman - Brigadir Jendral Donald Isaac Panjaitan - Brigadir Jendral Sutoyo Siswodiharjo - Lettu Pierre Andreas Tendean Pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Pengibaran Bendera Sebelum upacara resmi berlangsung, pada tanggal 30 September 2019 bendera berkibar setengah tiang. Hal tersebut dilakukan untuk mengenang gugurnya tujuh Pahlawan Revolusi.Sedangkan, tanggal 1 Oktober 2019 pukul 06.00 maka bendera berkibar satu tiang penuh.  Dilaksanakan di dua tempat berbeda Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi, personel Kodim 0304/mengikuti upacara hari kesaktian Pancasila yang diselenggarakan serentak pada hari ini Selasa (1/10/2019) diseluruh penjuru tanah air Indonesia.

Dipimpin Pasi Pers Kodim 0304/Agam Kapten Inf Sumantri pada hari Senin (30/09/2019) usai melaksanakan apel siaga, personel Kodim 0304/Agam melaksanakan Gotong royong pembersihan Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti Bukittinggi. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan dari rangkaian kegiatan Hut TNI ke 74 tahun 2019.

Bertempat di Aula Makodim 0304/Agam Pada hari Senin (30/09/2019) usai melaksanakan kegiatan Apel Siaga, personel Kodim 0304/Agam yang telah ditunjuk oleh Komando atas melaksanakan latihan menari Indang dalam rangka meriahkan HUT TNI ke -74 Tahun 2019. Tari indang juga dikenal sebagai tari dindin badindin, merupakan tari tradisional yang berasal dari Sumatra Barat, tepatnya di daerah Pariaman. Dinamakan indang karena tari ini diiringi dengan alat musik bernama indang, sedangkan dindin badindin merujuk pada lagu pengiring tarian. Tari ini merupakan jenis tari massal yang antara 7-25 orang dalam jumlah ganjil. Gerakannya mirip dengan tari saman dari Aceh tetapi lebih santai.

Bertempat di Aula Kantor Nagari Gadut Jl. Raya Bukittinggi-Padang Sidempuan, Serma Edi Torial Babinsa Nagari Gadut Koramil 07/Tilkam Kodim 0304/Agam menghadiri Undangan Murenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) Nagari Gadut rencana kerja pemerintah (RKP) Nagari gadut Tahun 2019. Kamis (26/09/2019). Turut hadir dalam acara Musrenbang Pak Camat Tilatang Kamang, Wali Nagari gadut, Ketua KAN, Ketua Bamus, Wakapolsek Tilkam, Wali Jorong se Nagari Gadut, Para guru tk,SD,SMP,SMA seNagari Gadut, dan masyarat seNagari Gadut.

Membantu kesulitan rakyat Kodim 0304/Agam bersama Masyarakat melaksanakan kegiatan Karya Bakti pemasangan saluran pipa air minum dalam rangka menyambut HUT TNI ke 74 Tahun 2019 di Wilayah Kodim 0304/Agam. Adapun kegiatan Karya Bakti yang dilaksanakan di Wilayah Kodim 0304/Agam bertempat di Nagari Binaan Koramil 06/Baso tepatnya di Jorong Koto Tinggi Nagari Koto Tinggi Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Kegiatan yg dilaksanakan membuat saluran pipa air minum sepanjang 300 meter di hadiri oleh Bapak Surya Wendri (Camat Baso) beserta 9 orang perangkat Kecamatan Peltu P. Siburian (Batuud ramil 06/Baso) Iptu Erwin, SH (Waka Polsek Baso) beserta 7 orang personil Polsek Baso 40 orang personil Kodim 0304/Agam. Masyarakat/warga sekitar Jorong Koto Tinggi lebih kurang sekitar 80 orang yang hadir seluruhnya. Kegiatan Karya Bakti bersama masyarakat merupakan perwujudan kemanunggalan TNI bersama rakyat. bekerja sama dengan masyarakat serta TNI selalu berada di tengah-tengah masyarakat. Kegiatan Karya Bakti yang dilaksanakan merupakan ajang silaturahmi dan kemanunggalan personil Kodim 0304/Agam dengan masyarakat pada umumnya.

Sertu Bustamar Babinsa Koramil 09/IV Koto. Menghadiri undangan Musrembang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Nagari RKP. RAB. dan RPJM tahun 2020 di Jorong Koto Lalang Nagari Balingka Kecamatan IV /Koto Kabupaten Agam, dengan dihadiri Camat IV Koto ( Rahmi Artati S.STP.MSi), Wali Nagari Balingka beserta jajarannya, Ketua KAN Balingka, Babinsa Nagari Balingka, Babinkamtibmas, Seluruh Ka sekolah Nagari Balingka, Seluruh Niniak Mamak Nagari Balingka, Bundo Kanduang dan kelompok tani Nagari Balingka. Dalam Musrembang ada beberapa prioritas pembangunan yg akan di laksanakan yaitu, Pembangunan taman jaya wisata Nag Balingka, Pembangunan Postu dan Pos Yandu, Pembangunan Jalan dan pengecoran badan jalan, Rehab rumah tdk layak huni, Pembangunan dan Pemeliharaan air bersih, Perbaikan Sekolah, dan Pembangunan MCK setiap Mesjid.

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-74 Tentara Nasional Indonesia Tahun 2019, Kodim 0304/Agam menggelar kegiatan Bakti Sosial Donor darah yang dipusatkan di aula II Kodim 0304/Agam, Rabu 25/09/2019. Kegiatan diikuti oleh anggota Kodim 0304/Agam, Dinas Jawatan, Ibu-ibu Persit Kartika Candra Kirana Dim 0304/Agam, dan juga termasuk Komandan Kodim 0304/Agam Letkol Inf Victor Andhika Tjokro.

Bertemakan "Setetes Darah Sejuta Kehidupan" pada hari Rabu tanggal 04 September 2019 pukul 09.00 Wib Personel Kodim 0304/Agam melaksanakan kegiatan acara “Indonesia berdonor” dalam rangka memperingati HUT RRI Kota Bukittinggi Ke 74 tahun 2019, bertempat di RRI Aur atas Kota Bukittinggi. Untuk peserta donor darah berjumlah ±100 orang tersebut terdiri dari Personel TNI dalam hal ini Personel Kodim 0304/Agam, Personel Polres Bukittinggi, ASN, beserta lapisan masyarakat Kota Bukittinggi sekitarnya.

Kegiatan apel gelar pasukan pengamanan ( RI 4) Ny Hj Mufidah Yusuf Kalla ibu Wakil Presiden Republik Indonesia Yusuf Kalla, dipimpin Komandan Kodim 0304/Agam Letkol Inf Victor Andhika Tjokro S.IP, bertempat di Rumah Gadang tanjung Bonai Kab.Tanah Datar pada hari Senin tanggal 02 September 2019 pukul 08.40 Wib. “Kunjungan ibu wakil presiden RI harus dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar, di samping untuk memberikan pengamanan yang dilakukan ini juga menunjukkan kesan bahwa TNI-Polri serta aparat negara lainnya, mampu bersinergi dengan baik dan bekerja secara profesional di wilayah ini. Keselamatan ibu wakil presiden RI adalah kehormatan dan harga diri bangsa Indonesia, di mana pun ia berada atau beraktivitas, harus dapat menjamim keamanannya berserta rombongan. Tidak boleh ada sesuatu yang mengganggu kunjungan ibu Wakil presiden apapun bentuknya. Untuk itu harus saya yakinkan, dalam apel kesiapan dipastikan bahwa kita mampu menjamin keamanan ibu Wakil presiden RI dan rombongan selama berada di sini," tegas Dandim..

Pembukaan kegiatan Peningkatan Kemampuan Aparat Komando Kewilayahan Tersebar TA. 2019 di Wilayah Kodim 0304/Agam oleh Komandan Kodim 0304/Agam Letkol Victor Andhika Tjokro SIP, dijadwalkan berlangsung selama 5 hari kedepan dari tanggal 26 s/d 30 Agustus 2019 bertempat di Aula Makodim 0304/Agam. Kamis (29/08/2019). Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut ada beberapa materi diantaranya : 1. Hari pertama. a. Lima kemampuan Ter oleh Kapten Inf Chairul (Pasiter Dim 0304/Agam) b. Sikap Ter oleh Kapten Inf Sumantri (Pasi Pers Dim 0304/Agam) c. Metode Binter oleh Kapten Czi Nuryetrizal (Pasi Log Dim 0304/Agam) 2. Hari kedua. a. Proxy War oleh Letkol Inf Victor Andhika Tjokro SIP (Dandim 0304/Agam) b. Intelijen teritorial oleh Kapten Inf Chairul (Pasiter Dim 0304/Agam) c. Medsos keamanan oleh Kapten Darius Bangun (Pasi Intel Dim 0304/Agam) 3. Hari ketiga. a. Pulket oleh Mayor Inf Masrizal (Kasdim 0304/Agam) b. Manajemen Ter oleh Kapten Inf Chairul (Pasiter Dim 0304/Agam) c. Pemberantasan narkoba oleh Kapten Inf Darius Bangun (Pasi Intel Dim 0304/Agam) 4. Hari keempat. a. Organisasi terlarang oleh Kapten Inf Chairul (Pasiter Dim 0304/Agam) b. Paham Raka/Raki oleh Kapten Inf Darius Bangun (Pasi Intel Dim 0304/Agam) 5. Hari kelima. a. Terorisme oleh Lettu Czi Fakrullah (Pasi ops Dim 0304/Agam) b. Komunikasi Massa oleh Kapten Inf Sumantri (Pasi Pers Dim 0304/Agam).

Memasuki Minggu Militer di setiap kesatuan TNI yang dilaksanakan setiap bulan pada minggu ke empat, Kodim 0304/Agam melaksanakan kegiatan Minggu Militer dengan meteri, mengetahui karakter ristik senjata api Laras pendek dan Laras panjang, Materi IMPK, Materi kompas siang dan malam, dan Materi Navrad, yang dilaksanakan dengan menggunakan Uniform Khas minggu militer, Senin (26/8/2019). Kegiatan Minggu Militer tersebut diikuti oleh seluruh anggota Kodim 0304/Agam dengan dipimpin oleh Serma Bambang ( Batih ops kodim 0304/Agam), bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota serta mengingatkan tetang pelajaran materi ilmu militer agar kinerja anggota lebih profesional guna mendukung tugas pokok TNI-AD.

Bertempat di Jorong Giring-giring Nagari Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang kabupaten Agam –Sumbar telah berlangsung “Panen Raya Padi” oleh Dandim 0304/Agam Letkol Inf Viktor Andhyka Tjokro, S.IP bersama kelompok tani “Bone Padi Setangkai” di demplot ketahananan pangan “Program Bios 44” wilayah Koramil 07/Tilkam Kodim 0304/Agam, Jum’at (23/08). Untuk hasil wawancara dengan Pemilik Sawah dan kelompok tani Bone padi Setangkai “Bahwa Panen padi mengunakan BIOS 44 hasilnya cukup bagus dan rumpunnya banyak, sawah seluas 0,5 Hektar menghasilkan 0,5 Ton dan hasil sebelum mengunakan BIOS 44 sawah seluas 0,5 Hektar menghasilkan 0,3 Ton untuk perbandingan diperkirakan meningkat ± 0,2 Ton dari hasil sebelumnya.

Mengusung tema “Mencegah dan Meminimalisir Pelanggaran Hukum” pada hari Jum’at (23/08/2019) pukul 08.00 Wib bertempat di Aula I Kodim 0304/Agam telah berlangsung “Penyuluhan Hukum oleh Kumdam I/BB kepada personel Kodim 0304/Agam, Disjan, ASN, beserta anggota Persit Kartika Candra Kirana Cabang LVIII Kodim 0304/Agam. Pemberian Materi Penyuluhan Hukum oleh Ketua Team Kumdam Mayor Chk. M. Bilal (Kasi Luhkum Dam I/BB) memberikan penyuluhan hukum yaitu mengenai “Tingginya tingkat pelanggaran di wilayah Kodam I/BB (Disersi /THTI, KDRT, Narkoba dan lain-lain), sehingga perlunya dilakukan pencerahan, penyuluhan kepada prajurit sebagai motivasi dan pedoman dalam mencegah dan menghindari sekecil mungkin pelanggaran”. Prajurit TNI harus memahami dan mengerti tentang perkembangan media informasi dan transaksi Elektronik (ITE), Undang-undang mengatur tentang penyalahgunaan ITE yakni pasal 45 ayat 3 jo pasal 27 ttg penghinaan, pencemaran nama baik atau fitnah dan pasal 45A ayat 2 dan pasal 28 (3) ttg rasa permusuhan, kebencian, penghinaan terhadap golongan dan Prajurit TNI jangan sampai terlibat dalam penyalahgunaan Narkoba. Pentingnya kesadaran dan pengetahuan tentang Hukum untuk mencegah dan meminimalisir pelanggaran hukum di satuan.

Dandim 0304/Agam Letkol Inf Viktor Andhyka Tjokro memimpin kegiatan korp raport pindah satuan Kapten Arh Zulakmar ke Korem 032/Wirabraja, di Aula II Kodim 0304/Agam, Jalan Jendral Sudirman, Kota Bukittinggi-Sumatera Barat, Selasa (20/08/2019). Dalam amanatnya, Dandim menuturkan terima kasih kepada Kapten Arh Zulakmar karena sudah memberikan pengabdian yang terbaik selama berdinas di Kodim 0304/Agam. “Saya mewakili seluruh aggota 0304/Agam mengucapkan terima kasih atas sumbangsihnya selama berdinas disini, semoga di tempat dinas yang baru, 0304/Agam tetap bisa menjalin tali silaturahmi dengan Kodim Surabaya Timur, serta kepada yang pindah satuan agar menjaga nama baik satuan dengan berdinas yang baik,karna apabila ada masalah maka satuan lama yang akan disalahkan serta agar cepat menyesuaikan dan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan sebaik baiknya”. ucap Dandim. Kegiatan Korp Raport Pindah satuan dihadiri oleh jajaran Danramil, Wadanramil, Perwira staf, anggota Kodim 0304/Agam, PNS Kodim 0304/Agam dan, Persit Kartika Candra Kirana.

Bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bakti, pada hari Jum’at pukul 23. 48 Wib telah berlangsung Upacara Apel kehormatan dan renungan suci dalam rangka HUT-RI ke 74 tahun 2019 Kota Bukittinggi dengan bertindak sebagi Irup Komandan Kodim 0304/Agam Letkol Inf. Victor Andhyka Tjokro, S.IP . Upacara apel kehormatan dan renungan suci ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan dalam memperingati 17 Agustus pukul 00.00 WIB dalam rangka memyambut 74 tahun kemerdekaan RI Tahun 2019 yang merupakan suatu penghormatan terhadap para Pahlawan yang telah Gugur dalam rangka merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah, mereka yang telah berjasa terhadap Negara dan bangsa Republik Indonesia, Bangsa yang baik sudah sepantasnya selalu mengenang dan mendo’akan para Pahlawannya yang di hadiri sekitar 350 orang.

Dengan mengusung thema “SDM unggul Indonesia maju” pada hari Sabtu Tangga 17 Agustus 2019 pukul 09.50 Wib telah berlangsung kegiatan Upacara HUT RI ke 74 tahun 2019 Kota Bukittinggi dengan bertindak selaku Irup Walikota Bukittinggi H. Ramlan Nurmantias, SH bertempat di Lapangan Wirabraja Kodim 0304/Agam. Adapun Pejabat upacara sbb: 1. Irup oleh H. Ramlan Nurmantias, SH (walikota Bukittinggi) 2. Komandan upacara oleh Kapten Arh Sukandar (Danramil 13/Tigo Baleh) 3. Pa Up oleh Lettu Inf. Sumantri (Pasi Pers Kodim 0304/Agam) 4. Perwira keamanan oleh Kapten Inf Darius Bangun (Pasi Inteldim 0304/Agam.

Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P secara resmi menutup program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD/N) ke-105 tahun 2019, bertempat di lapangan Jorong Sungai Puar, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat, Kamis (8/8/2019) TMMD ke-105 yang dilaksanakan serentak di enam (6) wilayah Kodim jajaran Kodam I/Bukit Barisan, salah satunya Kodim dibawah Korem 032/Wirabraja yaitu Kodim 0304/Agam juga dilaksanakan serentak di 50 Kabupaten/Kota di seluruh Nusantara yang merupakan wujud pengabdian TNI bersama Kementerian dan Lembaga Negara lainnya, dalam rangka membantu mempercepat pembangunan di daerah dan tercapainya kesejahteraan bagi rakyat.

Dandim 0304/Agam Letkol lnf Victor andhyka, S.I.P, Selaku Komandan Satgas TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) ke 105 tahun 2019 memberikan paparan kepada tim pengawas dan evaluasi (Wasev) dari Mabes TNI AD yang dipimpin Brigadir Jenderal TNI Edison, di Posko Utama Aula Kodim/0304 Agam, Rabu (31/7/2019). Dalam paparannya, Dansatgas, Letkol Victor andhyka, S.I.P, Menyampaikan sasaran fisik dan non fisik program TMMD ke 105 Kodim 0304/Agam di Nagari Sungai Puar Kecamatan Palembayan yang sudah mencapai 90 persen. Selain itu, Dansatgas juga menyampaikan beberapa bangunan yang menjadi over prestasi program TMMD/N ke 105 Kodim 0304/Agam diantaranya pembangunan Jalan, RTLH, Rehap Mushalla dan pembuatan tempat wudhu di Musholla.

Bertempat di Mushola Nurul Iman dusun Sungai Jambu Jorong V Sungai Jariang Nagari Persiapan Sungai Jaring Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, pada hari Minggu (14/07) bersama masyarakat sekitar Babinsa Koramil 03/Lubuk Basung Serda Agus Salim melaksanakan Gotong Royong (Goro) bersama membangun tempat Wudhu. Kegiatan goro bersama seperti ini sering dilaksanakan masyarakat kenagarian Persiapan Sungai Jaring bersama para Babinsa Koramil Lubuk Basung, “bukan hanya sekali ini saja Bapak Babinsa kita ikut serta dalam kegiatan goro bersama ini, sudah sering sekali dan bahkan kehadiran Bapak bainsa menambah motivasi kami dalam segala kegiatan yang ada”, ujar anto warga masyarakat setempat. Tampak antusias masyarakat bahu membahu bekerjasama dengan Babinsa dalam goro bersama membangun tempat wudhu yang sangat dibutuhkan dalam kelancaran proses ibadah di Mushola Nurul Iman tersebut.

TNI manunggal membangun Nagari/desa (TMMD/N) ke 105, Kodim 0304/Agam, Sumatera Barat (Sumbar) membangun 6 rumah tidak layak huni (RTLH) dan jalan sepanjang 2,2 kilometer di Nagari Sungai Puar, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam. "TMMD/N ke 105, Kodim 0304 Agam membangun 6 rumah dan jalan sepanjang 2,2 kilometer di Nagari Sungai Luar, kecamatan Palembayan Kabupaten Agam," ungkap Dandim 0304 Agam, Letkol Inf Victor Andhyka Tjokro saat pembukaan TMMD/N saat pembukaan TMMD/D ke 105 di Nagari Sungai Puar. Rabu (10/07).

Kodim 0304 Agam masuk dalam penilaian lomba Binter (Binaan Teritorial ) TNI/AD 2019 tingkat nasional yang mewakili kodam untuk wilayah Sumbar. Binter merupakan fungsi utama yang memiliki peran sangat penting sebagai katalisator antara masyarakat dengan pemerintah, dimana aparat teritorial yang mengawaki binter harus memiliki kemampuan yang dapat diaplikasikan dalam setiap pelaksanaan tugas.

Panen raya di demplot padi program Bios 44 di Wilayah jajaran Kodim 0304/Agam bertempat di Demplot Koramil 06/Baso Jorong Mancuang Nagari Padang Tarok Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Kamis (13/06/2019). Penjelasan dari Ketua Kelompok Tani Muda Saiyo Bapak Khairul bahwasannya Panen padi menggunakan bios 44 seluas 1 hektar sebanyak 12,8 ton dan yang tidak menggunakan Bios 44 seluas 1 hektar sebesar 8,16 ton. Panen menggunakan Bios 44 mendapat kan hasil lebih banyak dari pada yang tidak menggunakan Bios 44.

Dihari ke3 pasca jatuhnya mobil Inova BA 1851 BP kedalam sungai batang Agam yang bermuatan penumpang sebanyak 10 orang tetap di lakukan, dari 2 orang yang dinyatakan hilang, pada hari ketiga ini tim SAR gabungan dari TNI dan Polri berhasil menemukan 1 orang atas nama Mulyati Umur 56 tahun Suku Minang Alamat Koto Baru Padang Panjang dalam kondisi tidak bernyawa, Selasa( 11/6/19)

Penghargaan hakiki bagi seorang prajurit TNI adalah mendapatkan upacara pemakaman secara militer. Bertempat di Pemakaman Keluarga Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, telah dilaksanakan upacara pemakaman secara militer jenazah Almarhum Sertu Ronal Yelka Putra, meninggal di Ambon tepatnya Di POS LIMA dalam tugas PAMRAHWAN pada hari Sabtu pukul 07.15 Wita dan meninggalkan 1 orang istri Riza afisa hapshoh. Senin (10/06/2019).

Peduli Sesama Komandan Kodim 0304/Agam Letkol Inf Victor Andhyka Tjokro beserta Anggota dan Ibu Ketua Persit Kartika Candra Kirana cabang LVlll Dim 0304 Koorcab Rem 032 PD I Bukit Barisan berserta pengurus melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial Pemberian Santunan di Panti Asuhan Assaw viyah di Jorng Sutijo Nagari Koto Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam, Dalam rangka HUT Kodam I BB Ke -69 tahun 2019. Dalam kegiatan tersebut Dandim 0304/Agam dan Ibu Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cab.LVIII Dim 0304 menyerahkan Bantuan sembako kepada pengurus Panti Asuhan dan memberikan santunan kepada Anak Yatim Assaw viyah. Rabu (29/05/2019).

Dandim 0304/Agam beserta jajarannya menggelar acara buka puasa bersama dengan forkopimda, anak yatim, dan juga rekan-rekan Media di wilayah kodim 0304/Agam, acara yang di mulai dari jam 17.00 Wib yang berlangsung di Aula III Makodim 0304/Agam, selasa (28/05/2019)

Mengusung Tema “Melalui Apel Gelar Pasukan OPERASI KETUPAT 2019 Kita tingkatkan sinergi polri dengan instansi terkait dalam Rangka memberikan Rasa aman dan nyaman pada perayaan Idul Fitri 1440 H. Personel Gabungan TN/POLRI dan instansi terkait melaksanakan apel gabungan dalam rangka Operasi Ketupat menyambut arus mudik lebaran amankan arus mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H. Apel pengamanan arus mudik Idul Fitri ini dilaksanakan di Mapolres Bukittinggi, Operasi Ketupat sendiri akan dimulai dari tanggal 28 Mei sampai dengan 9 Juni 2019 Kamis (28/05).

Babinsa Koramil 08/Biaro Sertu Widoyono dan Serda Best Candra bersama dengan masyarakat Nagari Lasi melaksanakan kegiatan kerja bhakti pembuatan saluran irigasi sepanjang 400 meter yang berada diwilayah Jorong Pasanehan Nagari Lasi Kecamatan Candung Selatan Kabupaten Agam, pada hari Selasa (21/05).

Serda Agus Salim sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) Nagari Sungai Jariang mengajak dan merangkul masyarakat bahu membahu melaksanakan goro bersama pembuatan tempat wudhu Mushola Nurul Iklas. Senin (20/05) bertempat di Nagari Persiapan Sungai Jariang Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Yang dihadiri oleh Wali Jorong Sungai Jariang, pengurus Mushola dan masyarakat Nagari Persiapan Sungai Jariang.

Kegiatan Safari Ramadhan yang dikemas dalam bentuk kegiatan buka bersama dan dilanjutkan dengan sholat Taraweh serta diakhiri dengan pemberian bantuan dari team safari ramadhan, dilaksanakan secara bergiliran selama bulan suci Ramadhan. Kamis (09/05/2019) bertempat di Mesjid Istiqomah Ujung Labung Timur Tiku V Jorong Kabupaten Agam . “Kita mengajak seluruh masyarakat Nagari Ujung Labung Timur Tiku V Jorong Kabupaten Agam untuk dapat bergandengan tangan membangun daerah, merajut kebersamaan. Apalagi dengan datangnya bulan suci Ramadhan yang menjadi keberkahan bagi kita semua,” kata Sertu Yuprizal Babinsa Tiku V Jorong.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01/Bukittinggi Kodim 0304/Agam dan Bhabinkamtibmas Polsek Kota Bukittingggi mengintensifkan patroli bersama pada malam bulan Ramadhan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di lingkungan masyarakat selama bulan Ramadan khususnya wilayah Kota Bukittinggi. Seperti dilakukan Serka Arfi Yasrul Babinsa Benteng Pasar Atas Koramil 01/Bukittinggi bersama Bhabinkamtibmas Polsek Kota Bukittingggi, beserta Perangkat desa dalam hal ini Ketua RW dan Ketua RT Benteng Pasar Atas dan warga, intensif melaksanakan patroli di seputaran Benteng Pasar Atas Kota Bukittinggi. Sabtu (11/05/2019).

Bertindak sebagai inspektur upacara pada pengibaran bendera merah putih, Senin (06/05/2019) bertempat di Lapangan Wirabraja Kodim 0304/Agam Komandan Kodim 0304/Agam Letkol Inf Viktor Andhyka Tjokro dalam amanatnya memberikan ucapan “Selamat menjalankan Ibadah Puasa 1440 H pada hari pertama Ramadhan”, kepada seluruh anggota dan PNS Kodim 0304/Agam.

Pada hari Kamis (25/19) sekitar pukul 08.00 WIB Kodim 0304/Agam telah melakukan survey Lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Jorong Kubu Anau, Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam. Menurut Dandim 0304/Agam Letkol Inf Viktor Andika Tjokro, "Adapun kegiatan survey tersebut guna membangun jalan penghubung kurang lebih sepanjang 2,1 KM, antara Jorong Pasa Durian dengan Jorong Kubu Anau yang rencananya akan berlangsung awal Juni 2019."

Kasus demam berdarah (DBD) terjadi di berbagai daerah seiring dengan meningkatnya intensitas hujan pada awal tahun ini. Secara nasional, sepanjang Januari, setidaknya ada 13.600 kasus demam berdarah, dengan kematian 133 orang. Jumlah kasus ini naik lebih dari dua kali lipat dibanding tahun lalu pada bulan yang sama. Infeksi virus demam berdarah merupakan salah satu virus yang paling cepat intensitas penularannya di dunia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan sekitar 390 juta orang terinfeksi setiap tahunnya dan 3,9 juta orang diperkirakan berisiko terinfeksi. Infeksi berat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit terjadi pada sekitar 500 ribu orang per tahun.

Latnister (Latihan Teknis Teritorial) merupakan upaya satuan untuk memelihara dan meningkatkan penguasaan dan keterampilan prajurit kewilayahan agar memiliki kecakapan dalam melaksanakan tugas pembinaan teritorial baik secara perorangan maupun dalam hubungan kelompok. Bertempat di Aula Kodim 0304/Agam, Pada hari senin tanggal 18 maret 2019 pukul 07. 00 Wib telah dilaksanakan Latihan Teknis Teritorial /Latnister hari pertama kodim 0304/ Agam tahun 2019 dengan mengusung tema “Melalui latihan teknis teritorial kodim 0304/Agam siap meningkatkan kemampuan dalam pelaksanaan pembinaan teritorial".

“Upacara bendera yang rutin kita laksanakan setiap senin merupakan media komunikasi tepat untuk menjalin hubungan antara pemimpin dengan yang dipimpin, dalam rangka menyampaikan perintah maupun informasi terkini. selain untuk memelihara dislplin prajurit, upacara bendera juga bertujuan untuk memupuk semangat kebangsaan dan kesadarannya bernegara serta bela negara. hal ini sesuai dengan tugas pokok yang kita emban yaitu mempertahankan kedaulatan negara. keutuhan wilayah serta melindungi kehormatan dan keselamatan Bangsa”. Ialah merupakan bagian isi dari amanat Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah, yang dibacakan oleh Komandan Kodim 0304/Agam Letkol Inf Victor Andyka Jhokro, S.I.P,. pada upacara 17 an bulan Maret 2019 yang bertempat di Lapangan Wirabraja kodim 0304/Agam. Senin (18/03).

Dengan Moto "KELOLA SAMPAH UNTUK HIDUP BERSIH,SEHAT DAN BERNILAI", Pada hari Kamis tanggal 14 Maret 2019 Pukul 07.30 WIB telah dilaksanakan kegiatan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 dan Pencanangan Dasawisma yang diikuti Babinsa Kodim 0304/Agam bertempat di Pelataran Jam Gadang Kelurahan Benteng Pasa Atas Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi-Sumatera Barat.

Bertempat di Gedung Sapta Marga Makorem 032/Wbr Jl. Jenderal Sudirman No. 29 Padang, pada hari Selasa tanggal 12 Maret 2019, pukul 07.55 Wib di pimpin Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arif Wibowo.S.I.P., telah berlangsung upacara sertijab dan tradisi korps penerimaan dan pelepasan Dandim 0304/Agam dari Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara.SH.SE kepada Letkol Inf Viktor Andhyka Tjokro, Dandim 0310/SS dari Letkol Inf Irvan Yusri kepada Letkol Inf Dwi Putranto.S.A.P dan Dandim 0311/Pessel dari Letkol Arh Wahyu Akhadi kepada Letkol Kav Edwin Dwiguspana.

Usai melaksanakan upacara penaikan bendera senin (11/03), seluruh personel Kodim 0304/Agam melaksanakan “Apel siap gerak pasukan dalam rangka kesiapan Pam Pemilu tahun 2019 bertempat di lapangan Apel Makodim 0304/Agam.

Mengusung tema “Dengan kebersamaan, profesional dan kerja keras, kita tingkatkan pengabdian sebagai insan koperasi dalam rangka mencapai tugas pokok dan fungsi koperasi Kartika” bertempat di Aula Makodim 0304/Agam pada hari Senin (04/03) telah berlangsung kegiatan RAT (Rapat Anggota Tahunan) ke-40 primer koperasi Kartika 0304/Agam Tutup Buku tahun 2018.

Dengan tujuan untuk mencegah peredaran gelap narkoba serta mengantisipasi penyalahgunaan bahaya narkoba di lingkungan Asrama khususnya rumah dinas anggota TNI yang ada diwilayah Kodim 0304/Agam. Pada hari Kamis (28/02) bertempat di Aula Makodim 0304/Agam pukul 08.00 Wib telah dilaksanakan Sosialisasi dan cek urine P4GN (pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba) kepada Persit, Prajurit, PNS, KBT Kodim 0304/Agam TW I Tahun 2019.

Berlokasi di jalan Ombilin Kelurahan Belakang Balok Kota Bukittinggi, pada pukul 10.30 Wib Ibu Danrem 032/Wbr Ny Mia Kunto (ketua yayasan Kartikajaya kordinator Rem 032 Cabang 1 Bukittinggi Barisan) berserta rombongan telah tiba di TK kartika I-57 Dim 0304/Agam dalam rangka “Peresmian dan penandatanganan prasasti TK Kartika I-57.

Bertempat di Aula Makodim 0304/Agam, pada hari Senin (18/02) telah dilaksanakan *Sosialisasi Bios 44 menjaga alam mengatasi keramba di danau Maninjau dan lahan gambut untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat wilayah Sumbar.* Oleh Brigjen TNI Kunto Arif Wibowo (Danrem 032/Wbr) beserta Nasrul Abit (Wagub Sumbar) serta melaksanakan pengecekan Demplot keramba di danau Maninjau dan tanaman yang di program menggunakan Bios 44 untuk meningkatkan dan meminimalisir angka kematian ternak keramba Ikan dan kesuburan tanaman baik padi maupun sayur-sayuran diWilayah Kodim 0304/Agam.

Bertempat di demplot ketahanan pangan Kodim 0304/Agam di Jorong Sungai Jaring Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Lubuk Basung Sumatera Barat, pada hari Rabu (13/02) telah dilaksanakan "Penanaman Jagung secara simbolis oelh Pabung Kodim 0304/Agam bersama instansi terkait dan kelompok tani jorong Sungai jaring dengan menggunakan Bios 44".

Komandan Koramil dan Babinsa jajaran Kodim 0304/Agam, mulai memperkenalkan dan mensosialisasikan Bios 44 kepada kelompok tani di Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Danramil 06/ Baso, Kapten Inf. Rudi Candra, mengatakan, untuk membantu petani dalam meningkatkan produktivitas pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan, TNI menghadirkan solusi penyubur tanah bekas tambang atau bekas kebakaran hutan yang disebut dengan formula Bios 44.

Pasca terjadinya kebakaran Mesjid Darul Ulya Nagari Koto Tinggi Jorong Koto Tinggi Kecamatan Baso Kabupaten Agam-Sumatera Barat pada tanggal 12 November 2018 kemarin, Pada hari Minggu tanggal 06 januari 2019 pukul 08.00 Wib dikomandoi Koramil 06/Baso Kodim 0304/Agam, anggota Kodim 0304/Agam melaksanakan karya bhakti pemasangan pondasi di Mesjid Darul Ulya Nagari Koto Tinggi bersama masyarakat Nagari Koto Tinggi.

Pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019 di Kota Bukittinggi dan Kab. Agam ini melibatkan personel Polri dan Kodim 0304/Agam yang akan dilaksanakan serentak terhitung mulai tanggal 23 Desember sampai dengan 02 Januari 2019.

Sebanyak +320 orang anggota TNI-Polri melaksanakan Apel gabungan kesiapan pengamanan di Makodim 0304/Agam pada hari Kamis (21/12) pukul 07.00 wib dalam rangka apel kesiapan kunjungan kerja Ibu Panglima TNI dan Mentri dalam rangka HUT Hari Ibu tingkat nasional ke 90 tahun 2018 di Makodim 0304/Agam jalan Sudirman kota Bukittinggi.

Untuk mengasah kemahiran dan meningkatkan kemampuan dasar militer, prajurit Kodim 0304/Agam menggelar latihan menembak di Lapangan tembak Gumulap Kota Bukittinggi, Senin (10/12/2018).

Gelar aksi tanam serentak 1300 pohon Kodim 0304/Agam yang di laksanakan oleh 13 Koramil jajaran Kodim 0304/Agam pada hari jum’at (23/11) melibatkan masyararakat merupakan program dari komando atas yang patut diberikan apresiasi. Karena kegiatan tersebut selain bertujuan untuk aksi penghijauan kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengantisipasi bencana alam seperti banjir dan longsor. Serta kegiatan tersebut dapat memotivasi kesadaran masyarakat untuk melakukan aksi tanam seperti penghijauan ini. Adapun jenis pohon yang ditanaman adalah pohon yang berbatang keras seperti pohon Mahoni, pohon cempedak, pohon durian dll.

Mengusung Tema “Jadikan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018 M Sebagai Suri Teladan Bagi Prajurit dan PNS TNI AD Yang Berjiwa Kesatria, Militan, Loyal, Profesional, Modern dan Manunggal dengan Rakyat. Pada hari Kamis tanggal 22 November 2018 Pukul 10.00 Wib diadakan acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriah/2018 Masehi di Mesjid Al-Hanif Kodim 0304/Agam.

Dalam rangka meningkatkan kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, Kodim 0304/Agam gelar kegiatan Pembinaan Kesiapan (Binsiap) Aparat Kewilayahan (Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) Triwulan IV TA. 2018, bertempat di Aula Kodim 0304/Agam.

Dalam rangka kunjungan kerja Pangdam I/BB Mayor Jendral TNI M.S Fadhilah beserta rombongan, anggota kodim 0304/Agam menerima pengarahan dari Pangdam I/BB, pada hari Senin (22/10) pukul 13.00 Wib bertempat di Aula I Makodim 0304/Agam.

Mengusung tema “Membangun sinegritas TNI-POLRI dalam memberantas peredaran narkoba di Sumatera Barat khususnya wilayah Kodim 0304/Agam”. Bertempat di Aula I Makodim 0304/Agam, pada hari Rabu (17/10) telah dilaksanakan acara pembukaan penataran Bhabinkamtibmas, Babinsa dan unit Intel Kodim 0304/Agam. Dijadwalkan acara tersebut akan berlangsung selama 10 hari kedepan terhitung mulai tanggal 17 s/d 27 Oktober 2018.

Berdasarkan keputusan Kasad Skep /643,644,/10/1×/2018 tanggal 18 september 2018 tentang kenaikan pangkat Bintara/Tamtama Kodam I/BB merupakan acara rutinitas bagi personil Kodim 0304/Agam yang merupakan penghormatan dan penghargaan bagi personil yang berprestasi dan Telah lulus persyaratan untuk kenaikan pangkat. Bertempat di Aula III Makodim 0304/Agam pada hari Selasa (16/10), telah berlangsung Upacara Kenaikan pangkat bagi Bintara/Tamtama Kodim 0304/Agam. Personel Kodim 0304/Agam yang menerima kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula terdiri-dari 21 orang berpangkat Bintara dan 10 orang berpangkat Tamtama.

Sejumlah 110 siswa/siswi SMA Negri 4 Bukittinggi mendapat pelatihan PBB dan Wawasan Kebangsaan oleh Babinsa, Sertu Eka Hidayat Koramil 01 Bukittinggi Kodim 0304/Agam. Pada hari Senin (08/10). Sertu Eka Hidayat memberikan pelatihan dasar PBB kepada para siswa berupa teori, meliputi gerakan di tempat, gerakan berjalan dan penghormatan. Selama latihan tampak antusias peserta didik mengikuti segala arahan dan penjelasan dari Babinsa Sertu Eka Hidayat..

Bertempat diFamily karoke Jl. Sudirman Kecamatan ABTB Kota Bukittinggi, pada hari Sabtu tanggal 06 Oktober 2018 pukul 18. 50 Wib telah dilaksanakan acara perayaan ulang tahun bagi anggota Kodim 0304/Agam yang berulang tahun pada bulan September dan Oktober serta acara penaikan pangkat anggota Kodim 0304/Agam. Acara dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0304/Agam Letkol Kav Salim kurniawan dewantara, S.H, S.E. Acara juga dihadiri oleh para Perwira Star Dim 0304/Agam, para Danramil Dim 0304/Agam, Perwakilan Anggota Dim 0304/Agam, Ketua persit Cab LVIII dan perwakilan Ibu-ibu Persit Cab LVIII Dim 0304/Agam.

Bertempat di Mesjid Al-Hanif Kodim 0304/Agam pada hari Rabu (10/10) pukul 08.00 Wib Kodim 0304/Agam beserta instansi terkait yang ada diwilayah Kota Bukittinggi melaksanakan “Do’a istiqosah dan zikir bersama dalam rangka mendo’akan saudara –saudara sebangsa dan setanah air yang tertimpa musibah bencana alam di wilayah indonesia serta mendo’akan semoga bangsa indonesia terhindar dari segala bala bencana”. Dengan adanya beberapa peristiwa bencana yang terjadi di wilayah tanah air kita indonesia belakangan ini, Dandim 0304/Agam Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara, S.H, S.E. menghimbau kepada kita bersama agar kita lebih mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Esa dan tidak melakukan perbuatan yang bertentangan dengan norma-norma yang ada, karena bukan tidak mungkin perbuatan kita yang menyalahi aturan tersebut dapat mendatangkan musibah dan bencana kepada kita bersama.

Pelaksanaan Tour de Maninjau 2018 berjalan sukses dan lancar. Kegiatan dalam rangka HUT TNI ke 73 ini, diawali dari Lubuk Basung, Agam dan finish di Lapangan Wirabraja Bukittinggi, Sabtu (29/09). Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Mirza Agus, menyampaikan, kegiatan ini dirumuskan sejak tiga bulan lalu. Kemudian ide tersebut bersama Forkopimda provinsi didukung pemerintah kabupaten Agam dan kota Bukittinggi disempurnakan, sehingga terlaksana event olah raga sepeda yang sangat meriah ini.

Tingkatkan kemahiran menembak Kodim 0304/Agam menggelar kegiatan latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) Triwulan III Tahun 2018 di lapangan tembak Gumulap Bukittinggi, Kamis (06/09/2018). Danramil 06/Baso sebagai Danlat, Kapten Inf Sapardi mengatakan, dilaksanakannya Latbak Jatri merupakan salah satu bentuk pembinaan personel khususnya bidang latihan.

Guna mendukung pecahkan rekor muri (Pegelaran tari gemu famire peserta terbanyak) dalam rangka HUT ke-73 TNI tahun 2018, Pada hari Selasa Tanggal 3 September 2018 pukul 08.00 WIB telah dilaksanakan kegiatan tarian Gemu Famire untuk memecahkan rekor Muri bertempat dilapangan Wiraraja Kodim 0304/Agam. Tarian Gemu Famire, adalah tarian Indonesia yang berasal dari Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur. Lagunya sendiri diciptakan oleh Frans Cornelis Dian Bunda atau dikenal dengan Nyong Franco. Walaupun gerakannya sangat sederhana dan simpel, akan tetapi sangat menghibur dan dapat menjaga kebugaran serta kesehatan tubuh.

Dalam rangka memeriahkan HUT TNI KE 73 tahun 2018, Kodim 0304/Agam berencana akan melaksanakan “Lomba Balap Sepeda Tour de Maninjau” pada bulan Oktober mendatang. Untuk itu Kodim 0304/Agam bersama instansi terkait bersenegri bahu membahu berkerjasama dan berkomitemen untuk mensuskseskan event skala nasional tersebut. Persiapan rencana yang matang merupakan tolak ukur dalam mensukseskan kegiatan tersebut nantinya. Salah satu langkah awal yang telah dilaksanakan oleh Kodim 0304/Agam salah satunya adalah “Tininjau medan” yang dipimpin oleh Pjs. Kasdim 0304/Agam Mayor Inf Masrizal bersama para Perwira dan Bati Staf jajaran Kodim 0304/Agam pada hari Rabu (29/08).

Bertempat di Lapangan Wirabraja Kodim 0304/Agam pada hari Rabu (22/08) pukul 08.00 Wib telah dilaksanakan kegiatan Sholat Id berjamaah dalam rangka hari raya Idul Adha 1439 H yang di hadiri oleh Kasdim 0304/Agam Mayor Inf Masrizal dan seluruh jajaran forkopinda kota Bukittinggi.

Dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekaan Indonesia ke 73 tahun 2018, personel Kodim 0304/Agam bersama instansi terkait bersama-sama melaksanakan pengamanan jalannya kegiatan pawai alegoris yang diikuti oleh peserta pawai yang terdiri-dari pelajar tingkat TK, SD, SLTP, SMA/SMK, SKPD, ASN, dan perwakilan peserta dari masing-masing daerah yang ada di Sumatera Barat. Senin (20/08).

Bertempat di Koramil 03/Lubuk Basung, pada hari Rabu (25/07/2018) pukul 16.00 Wib. Telah dilaksanakan penilaian dan uji petik dalam rangka lomba Binsat Kodim 0304/Agam. Kedatangan tim penguji dr makodim 0304/Agam di sambut langsung oleh Danramil 03/ Lubuk Basung Mayor Inf M. Kasni. Dalam rangka lomba binsat tsb tim penguji melaksanakan pengujian personil koramil 03/ Lubuk Basung sebagai berikut:

DANDIM 0304/AGAM

PEJABAT KODIM

WEB LINK