Taman Kanak-kanak Kartika 1-58 merupakan salah satu Taman Kanak-kanak yang ada di Bukittinggi.Sekolah ini terletak di jalan Urip Sumoharjo Kelurahan Sapiran Kecamatan ABTB Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat. Taman Kanak-kanak merupakan jenjang pendidikan anak usia dini dalam bentuk pendidikan formal. Tk Kartika I-58 didirikan sebagai bentuk perhatian terhadap anak usia dini, walaupun anak usia dini belum masuk wajib belajar untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Latar belakang berdirinya Sekolah Taman Kanak-kanak Kartika 1-58 adalah untuk mewadahi anak-anak prajurit serta anak-anak masyarakat yang berada di sekitar Bukittinggi.Taman kanak-kanak Kartika 1-58 didirikan pada tanggal 05 Oktober 1958 oleh Yayasan Kartika Jaya yang di Ketuai Oleh Ny. Raharjo. Taman Kanak-kanak Kartika 1-58 semula bernama Sekolah Taman Kanak-kanak (S.T.K) Kutilang II. Awalnya S.T.K Kutilang II belum memiliki bangunan sekolah yang tetap. Maka di bangunlah S.T.K Kutilang II oleh Jonif 132 B.S yang di kerjakan pada tanggal 13 November 1969 dan selesai pada tanggal 03 Maret 1970. Sekolah ini diresmikan oleh Brig. Doen Widodo Pangdam III/17 Agustus pada tanggal 07 Maret 1970 pada masa kepemimpinan Danyon Letnan Kolonel Raharjo.

Pada awal berdirinya S.T.K Kutilang II di kepalai oleh Ibu Rahimus selanjutnya tahun 1986 di mutasikan ke Kantor Dinas Pendidikan dan di gantikan oleh ibu Rahimiar dari tahun 1986 s.d 1989. Setelah masa kepemimpinannya berakhir di lanjutkan oleh Ibu Yasna Astuti pada tahun 1989 s.d 1995. Dengan pensiunnya Ibu Yasna Astuti pada tahun 1995, untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala Sekolah maka di tunjuklah Ibu Elly Syam untuk merangkap menjadi Kepala sekolah S.T.K Kutilang I dan Kutilang II.

Pada tanggal 13 Oktober 1995 ditugaskan Ibu Rosmaini sebagai kepala sekolah oleh ketua Yayasan Ny. H.Yati Ismail Ibrahim.  tahun 1996 S.T.K Kutilang II bertukar nama menjadi Taman Kanak-kanak Kartika 1-58.  Ibu Rosmaini menjabat sebagai kepala sekolah TK Kartika 1-58 dari tahun 1995 sampai sekarang dibawah naungan  Yayasan Kartika Jaya yang di ketuai oleh  Ny. Chrisye Fransina Surentu.

TK Kartika I-58 murid-muridnya berasal dari masyarakat Asrama Kodim 0304/Agam dan sekitarnya. TK ini bekerjasama dengan Kepala Sekolah, majelis guru dan masyarakat sekitar, sehingga sekolah ini masih aktif sampai sekarang.TK Kartika 1-58 terus berbenah dan mengembangkan diri baik dari segi sarana dan Prasarana ataupun tenaga pendidik dengan mengikuti berbagai pelatihan bagi tenaga pendidik agar lebih berkualitas.

Kurikulum yang berlaku di TK Kartika I-58 terus disempurnakan secara berkelanjutan sejalan dengan dinamika era global, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang berguna sebagai acuan evaluasi dan pembinaan bagi lembaga penyelenggara PAUD.


DANDIM 0304/AGAM

PEJABAT KODIM

WEB LINK