Komando Distrik Militer 0304/Agam menggelar tes kesegaran jasmani Uji Kenaikan Pangkat dan periodik II TA. 2019, di Lapangan Wirabraja Makodim 0304/Agam Jl. Jendral Sudirman Kota Bukittinggi. Dalam rangka mengukur sejauh mana pembinaan kemampuan jasmani prajurit di jajaran Kodim 0304/Agam dilakukan uji kesegaran jasmani secara periodik bagi seluruh prajurit baik Perwira, Bintara , Tamtama dan PNS. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari pada 31 Oktober dan 1 November 2019, dikatakan Lettu Czi Pasiops Kodim 0304/Agam.

Dalam arahannya kepada anggota Dandim 0304/Agam Letkol Inf. Victor Andhyka Tjokro, S.IP menekankan, “Dalam pelaksanaan Garjas UKP dan semapta periodik, Laksanakan dengan baik dan sungguh-sungguh. Pelaksanaan semapta dapat di gunakan untuk menunjang karier kenaikan pangkat (UKP) ke depannya dan mengikuti seleksi pendidikan (Secaba Reg, diktubasus dan lainnya). Dan terpenting Perhatikan faktor keamanan dalam melaksanakan semapta”.

Dalam pelaksanaan kesamaptaan, diawali dengan pengecekan tensi oleh tim Kesehatan bagi setiap prajurit yang akan melaksanakan kesamaptaan dan dilanjutkan dengan pemanasan yang dipimpin oleh anggota Jasmani Korem 032/Wbr yang bertujuan agar dalam pelaksanaan kesamaptaan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kram dan lain sebagainya, papar Pasiops.

 

 “Kegiatan kesegaran jasmani  ini merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit meliputi Tes kesegaran A yaitu dengan melaksanakan lari dengan waktu 12 menit sedangkan untuk penilaiannya berdasarkan berapa waktu yang ditempuh dalam jarak tersebut,  demikian juga untuk tes kesegaran B yang terdiri dari Pull up, Sit up, Push up, Lunges berapa banyak mampu dilaksanakan selama satu menit sedangkan shuttle Run berapa waktu yang ditempuh dalam pelaksanaanya” , terang Pasiops.

Tes kesegaran jasmani juga merupakan Program dibidang operasional yang bertujuan untuk mengukur kemampuan jasmani perorangan juga untuk membina Prajurit agar memiliki kemampuan yang prima serta memiliki kesegaran jasmani yang siap untuk melaksanakan tugas pokoknya dengan baik, ujar Pasiops.


DANDIM 0304/AGAM

PEJABAT KODIM

WEB LINK