Negara-negara Peserta/Penandatangan Konvensi Hak-Hak Anak PBB pada tanggal 20 November 1989, mendeklarasikan menghormati dan menjamin hak-hak setiap anak tanpa diskriminasi dalam bentuk apapun tanpa dipandang ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, keyakinan politik dan pendapat-pendapat lain, kebangsaan, asal etnik atau sosial, kekayaan, ketidakmampuan, kelahiran atau kedudukan lain dari anak atau orangtua anak atau pengasuhnya yang sah. Anak berarti setiap manusia yang berusia di bawah delapan belas tahun kecuali, berdasarkan undang-undang yang berlaku untuk anak-anak, kedewasaan telah dicapai lebih cepat. Berdasarkan Konvensi tersebut, berikut 10 hak yang wajib diberikan orangtua untuk anak yaitu: Hak untuk bermain Hak untuk mendapatkan pendidikan Hak untuk mendapatkan perlindungan Hak untuk mendapatkan nama (identitas) Hak untuk mendapatkan status kebangsaan Hak untuk mendapatkan makanan Hak untuk mendapatkan akses kesehatan Hak untuk mendapatkan rekreasi Hak untuk mendapatkan kesamaan Hak untuk berperan dalam pembangunan.

Bertempat di Auditorium Perpustakaan Nasional Bung Hatta Kota Bukittinggi, Pada hari Selasa telah berlangsung peringatan "Hari Anak Nasional" tahun 2019 tingkat Kota Bukittinggi yang dihadiri oleh, H. Ramalan Nurmatias Se (Walikota Bukittinggi), Dandim 0304/Agam di wakili Oleh Kapten Inf Darius (Pasi Intel Kodim 0304/Agam, Fery Tas Sh M.Hum (Kajari Kota Bukittinggi), Hapsoro Restu Widodo Sh(Ketua Pengadilan Negeri Kota Bukittinggi), Kapolres Kota Bukittinggi di wakili oleh AKP Reddy Trus nanti, (Kasat Binmas polres Kota Bukittinggi), Ny. Yessy Ramlan Nurmatias (Ketua penggerak Pkk Kota Bukittinggi), Ny. Crisye Victor Andhyka Tjokro (Ketua Persit KCK Cab.LVIII Dim 0304 Rem 032 PD I/BB), Kepala Skpd Lingkungan Kota Bukittinggi, Muspida Kota Bukittinggi, Forum Anak daerah Kota Bukittinggi, Perwakilan Siswa-siswi SD/SLTP sekota Bukittinggi sekitar 200 orang.

Sambutan Walikota Bukittinggi, "Kita pemerintah kota juga mengawasi kehidupan anak dan ibu warga kota Bukittinggi agar selalu sehat, dari sekarang kita harus siap kan bagaimana kehidupan sosial bagi kehidupan anak kita terutama yang sering memakai Gadget. Sekolah merupakan tenaga pengajar dan pendidik. semoga kasih sayang kita kepada anak lebih tercurah lagi, pesan pesan anak anak tadi seperti1 prasarana pendidikan, bermain akan di sosialisasikan di Kota Bukittinggi.

"Sebagai orangtua, ketika hak-hak anak ini telah terpenuhi, agar juga mengajarkan kepada anak bahwa kewajiban anak adalah menghormati orangtua, guru, orang lain, dan juga bangsa dan negara. Anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa serta sebagai sumber daya manusia di masa depan merupakan modal bangsa bagi pembangunan yang berkesinambungan. Sudahkah kita sebagai orangtua telah memenuhi hak-hak anak kita ini".

DANDIM 0304/AGAM

PEJABAT KODIM

WEB LINK