Kodim 0304 Agam masuk dalam penilaian lomba Binter (Binaan Teritorial ) TNI/AD 2019 tingkat nasional yang mewakili kodam untuk wilayah Sumbar. Binter merupakan fungsi utama yang memiliki peran sangat penting sebagai katalisator antara masyarakat dengan pemerintah, dimana aparat teritorial yang mengawaki binter harus memiliki kemampuan yang dapat diaplikasikan dalam setiap pelaksanaan tugas.

Dirbindiklat Pusterad, Kolonel Inf. Taufik Shobri, mengatakan penilaian binter ini dimaksud untuk mengevaluasi sejauhmana pelaksanaan program kerja TNI angkatan darat bidang binter yang sudah dilaksanakan oleh satuan komando kewilayahan.

"Kegiatan lomba binter ini sebagai sarana kompetisi antar satkowil tingkat kodim khususnya dalam penyelenggaraan pembinaan teritorial baik kegiatan program maupun non program dan pembinaan satuan serta kerjasama dengan forkopimda dan koponen bangsa lainnya sehingga memperoleh kodim terbaik," jelasnya di Bukittinggi saat meninjau persiapan Kodim 0304 Agam, Senin (24/6/2019).

Selanjutnya, lomba ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali, tahun ini lomba binter terbaagi menjadi 4 klasifikasi sesuai type wilayah kodim masing-masing. Mengklasifikasian ini menjadi kebijakan pimpinan TNI angkatan darat untuk menjamin kesetaraan bagi peserta dalam pelaksanaan lomba, sehingga kodim-kodim yang berada di daerah terpencil, perbatasan mauun daerah rawan bisa berkompetisi dan memiliki peluang yang sam untuk menang.

"Lomba binter memiliki manfaat yang sangat besar karena binter merupakan fungsi utama TNI Angkatan Darat dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat. Selain itu binter juga bertujuan untuk mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara di darat serta untuk mewujudkan kemanunggalan TNI-rakyat," paparnya.

Sementara itu, kodim 0304 Agam, Letkol Inf. Victor Andhyka Tjokro, menuturkan kodim 0304 Agam mengunggulkan pupuk bios 44 dalam lomba binter 2019 ini.

"Karena pupuk bios 44 ini sudah menjadi unggulan bagi petani serta hampir tersebar diseluruh wilayah Indonesia," sebutnya.


DANDIM 0304/AGAM

PEJABAT KODIM

WEB LINK