Bertempat Di Aula II Kodim 0304/Agam, Batiops Kodim 0304/Agam Serma Bambang melaksanakan sosialisasi tata cara pembuatan Hand Sanitizer Kepada Para Danramil, Para Perwira Staf dan Babinsa Kodim 0304/Agam guna mengantisipasi dan cegah dini penanggulangan Bencana Nasional non alam virus corona. Jum’at (20/03/2020).

Dalam sosialisasinya Batiops menyampaikan secara rinci tentang tata cara pembuatan Hand Sanitizer Batiops menyampaikan, Untuk bahan-bahan yang di perlukan dalam pembuatan Hand Sanitizer diantaranya, alkohol berkadar 70% sampai 95%, hidrozol hasil penyulingan air dari serai wangi mengandung 30 persen dari ekstrak serai wangi, aroma dari ekstrak serai wangi, aloe vera (Lidah buaya).

Untuk alatnya kita membutuhkan, handmixer /blender, gelas ukur /alat pengukur kadar alkohol.

Sedangkan cara proses pembuatannya, pertama kita masukan aloe vera (lidah buaya) kurang lebih 3 sendok makan kedalam gelas ukur, aduk aloe vera menggunakan sendok, kemudian masukkan hydrozol kurangg lebih 200 ml kedalam gelas ukur yang berisi aloe vera.

Langkah selanjutnya, dengan diaduk secara perlahan kita masukan kedalam gelas ukur ekstrak serai wangi 3 sampai 4 tetes, dan alkohol 500 ml, kemudian kita aduk sampai rata. Agar lebih lebih tercampur merata gunakan hand mixer/blender aduk kurang lebih 2 menit. selanjutnya sudah bisa kita gunakan sebagai handsanitiser.

Perlu diingat, dalam pembuatan Hand Sanitizer kuncinya ialah hasil dari Hand Sanitizer harus mengandung lebih kurang 60 persen dari pada antiseptik atau harus mengandung kurang lebih 60 persen dari alkohol.

Tidak hanya itu, cara membuat Hand Sanitizer akan disosialisasikan ke masyarakat. “Nanti masing-masing Babinsa akan mengembangkan dan mensosialisasikan ke masyarakat, supaya kita bisa mencegah Virus Corona bersama-sama,” kata Batiops.


DANDIM 0304/AGAM

PEJABAT KODIM

WEB LINK